alexametrics

Ini Bahayanya Terlalu Banyak Kalsium di Tubuh

Esti Utami
Ini Bahayanya Terlalu Banyak Kalsium di Tubuh
Makanan kaya kalsium (shutterstock)

Berbagai penyakit kronis mengancam, mulai depresi, diare hingga serangan jantung.

Suara.com - Mungkin Anda sudah tahu bahwa kalsium diperlukan untuk kesehatan tubuh dan tulang.  Kalsium sangat penting untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui.

Tetapi Anda tetap perlu menakar asupan kalsium dalam diet harian, karena tubuh membutuhkan kalsium dalam jumlah tertentu. Kelebihan kalsium juga tak bagus untuk tubuh Anda.  Kelebihan kalsium dapat membuat tubuh lemah dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Berlebihan mengonsumsi kalsium juga membuat Anda berisiko menghadapi masalah mual, depresi, muntah dan diare.

Berikut adalah masalah yang bisa timbul jika Anda memiliki kalsium yang berlebih:

Hipertiroidisme
Ini ditandai dengan membesarnya kelenjar paratiroid. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mengendalikan jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh Anda. Ketika hormon paratiroid dilepaskan oleh kelenjar ini, ini berarti tubuh akan berhenti menyerap kalsium. Ketika ada terlalu banyak kalsium dalam tubuh, maka hormon ini dilepaskan dalam jumlah yang lebih besar yang bisa menimbulkan masalah kronis bernama hipertiroidisme. Ini adalah salah satu efek samping dari memiliki terlalu banyak kalsium.

Penyakit kardiovaskular
Ketika Anda mengambil kalsium dalam jumlah berlebih, itu mulai mempengaruhi hati. Jumlah yang ditentukan kalsium bagi perempuan adalah sekitar 1400 mg sehari. Jika perempuan mengonsumsi kalsium melebihi dari jumlah ini, bisa terjadi berbagai masalah. Serangan jantung besar adalah salah satu hasil dari asupan kalsium yang berlebihan.

Mual dan kelelahan
Salah satu gejala utama dari kadar kalsium terlalu tinggi adalah Anda akan merasakan mual dan kelelahan. Kalsium dalam dosis tinggi dapat menyebabkan Anda merasa pusing dan menyebabkan mual berat.
Ketika kadar kalsium dalam tubuh meningkat untuk melebihi kebutuhan maka akan mengakibatkan tekanan darah rendah dan detak jantung tidak teratur. Anda akan merasa cemas jika kadar kalsium tubuh meningkat.

Batu ginjal
Terlalu banyak kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dapat meningkat jika tidak diobati pada waktu yang tepat. Jadi, Anda akan perlu untuk mengambil tindakan segera, dan mengurangi kadar kalsium dalam tubuh Anda. (Dinda Rachmawati/Boldsky.com)