Serem, Kaki dan Tangan Pria Ini Dibedah Akibat Kebanyakan Merokok

Rauhanda Riyantama
Serem, Kaki dan Tangan Pria Ini Dibedah Akibat Kebanyakan Merokok
Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)

Sang anak membagikan kisah ayahnya yang harus operasi bypass jantung karena kebiasaan ayah yang sering merokok.

Suara.com - Sudah banyak korban berjatuhan akibat terlalu sering merokok . Salah satu contoh perokok yang menuai 'hasil' tersebut adalah seorang ayah dari akun Facebook bernama Eva Pramudya.

Dalam sebuah postingan tanggal 28 Desember 2018, sang anak membagikan kisah ayahnya yang harus operasi bypass jantung karena kebiasaan ayah yang sering merokok.

"Boleh share kok, ga ush ijin, boleh tag juga ke orang yang masih merokok. Saya upload foto ini hanya untuk berbagi pengalaman, siapa tau yang masih menjalankan ritual bakar uang alias merokok bisa segera meninggalkan ROKOK ," tulis Eva di akun Facebook-nya 'Eva Pramudya'.

"Akibat rokok, ayah saya harus menjalani operasi Bypass , operasi besar dengan waktu operasi 5 jam, dada dibelah, paru dibelah, setelah itu kaki juga dibelah untuk mengambil urat di kaki dan dipasang ke jantung, kurang lebih seperti itu."

"Belum lagi efek pasca operasi besar ini, banyak hal-hal mengerikan, kalau kata ayah setelah operasi penglihatannya tambah buram, masih bersyukur hanya penglihatan, ada yang pasca operasi 13 hari koma dan akhirnya meninggal."

"Saya doakan, semoga yang berniat berhenti merokok diberikan kemudahan oleh Allah untuk berhenti merokok, aamiin," tutup Eva.

Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)
Unggahan Eva tentang ayahnya yang operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)

Dikutip dari hellosehat, operasi bypass jantung merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan dengan memanfaatkan pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya untuk menciptakan jalan pintas di sekitar arteri yang tersumbat, lantas mengembalikan aliran darah menuju jantung.

Operasi bypass mampu menyembuhkan gejala penyakit jantung koroner dengan cepat, termasuk angina (nyeri dada). Pasien umumnya bisa kembali beraktivitas seperti biasa selama 10-15 tahun, setelahnya mungkin memerlukan operasi bypass lainnya jika tersumbat lagi.

Namun, perlu diingat bahwa operasi bypass bukanlah obat. Jika pasien tidak mengambil langkah lain untuk mengendalikan penumpukan plak dalam arteri, operasi bypass akan bernasib sama dengan arteri asli.

Setengah bypass pembuluh vena akan tersumbat oleh plak dalam waktu 10 tahun. Jadi, segera perbaiki gaya hidupmu yang kurang sehat itu sebelum terlambat.

Himedik/Dwi Citra Permatasari Sunoto

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS