Manis dan Enak, Buah Markisa Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan Lho!

M. Reza Sulaiman
Manis dan Enak, Buah Markisa Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan Lho!
Buah Markisa punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)

Tahukah kamu bahwa buah markisa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Suara.com - Manis dan Enak, Buah Markisa Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan Lho!

Buah markisa digemari karena memiliki rasa yang manis dan enak. Namun tahukah kamu bahwa buah markisa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Ya, buah warna ungu eksotis yang juga dikenal dengan nama passiflora ini tumbuh di daerah beriklim hangat seperti Amerika Selatan, Australia, dan Afrika Selatan.

Dikutip Himedik dari Medical News Today, berikut manfaat buah markisa bagi kesehatan:

1. Sistem kekebalan tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

2. Jantung

Buah markisa ketika dimakan bersama bijinya, mengandung banyak serat, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari bagian dalam pembuluh darah. Diet tinggi serat dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Selain itu, makan buah markisa dapat membantu menormalkan tekanan darah. Ini karena markisa rendah sodium dan kaya potasium yang mana membantu menurunkan tekanan darah.

3. Antioksidan

Buah markisa kaya akan antioksidan, senyawa yang membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh tetap sehat, termasuk meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Senyawa ini juga mengurangi stres sel dan mengurangi peradangan dalam tubuh, yang mana keduanya berkaitan dengan penyakit jantung dan alzheimer.

Buah Markisa punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)
Buah Markisa punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)

4. Sumber serat

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Ini membantu mengatur sistem pencernaan, menjaga usus tetap sehat, dan mencegah sembelit.

Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Indeks glikemik rendah

Meski sebagian besar buah-buahan memiliki GI rendah, tapi American Diabetes Association memperingatkan bahwa melon dan nanas memiliki GI tinggi.

Nah, sebagai pilihan, santaplah buah markisa karena nilai indeks glikemik (GI) rendah. Ini berarti bahwa itu tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam setelah memakannya, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

Nah, itulah bukti selain manis dan enak, buah markisa juga punya manfaat bagi kesehatan. (Himedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS