Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Sendiri

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Sendiri
Tips membersihkan karang gigi. [Shutterstock]

Tips membersihkan karang gigi sendiri ini bisa Anda coba lho!

Suara.com - Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Sendiri

Sisa makanan yang menempel dan mengandung bakteri atau disebut juga karang gigi kerap disepelekan banyak orang. Padahal jika dibiarkan akan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Selain gigi berlubang, karang gigi juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi atau disebut juga gingivitis. Alhasil gusi akhirnya mudah berdarah dan rentan terkena infeksi.

Eits tapi tenang, jika karang gigi sudah terlanjur terbentuk, ada loh cara membersihkannya. Tanpa harus ke dokter, cara membersihkan karang gigi ini sendiri bisa dilakukan di rumah.

Ketua Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr. drg. R.M. Sri Hananto Seno, Sp.BM(K) mengatakan salah satu caranya dengan metode menyikat gigi yang tepat yaitu dari arah gusi ke gigi.

"Nah kalau sudah terbentuk (karang gigi), sikat giginya memang jangan keras-keras tapi agak lama. Misalnya dari tempat gusi ke arah gigi, dari merah (gusi) ke putih (gigi), sehingga akan pas semuanya," ujar drg. Hananto Seno beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut drg. Hananto Seno malam hari jadi waktu biasanya karang gigi terbentuk. Saat malam hari ada endapan leukosit pada air liur yang cukup lama, saat itulah karang gigi terbentuk. Maka sebelum leukosit membentuk karang, sikat gigi lebih lama di pagi hari bisa jadi solusi.

"Sehingga sikat gigi di pagi hari itu agak lama dari malam hari," imbuhnya.

Sejumlah siswa Sekolah Dasar menyikat gigi bersama dalam gerakan Indonesia Tersenyum di Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2019 di Jakarta, Sabtu (7/9). [Suara.com/Arya Manggala]
Sejumlah siswa Sekolah Dasar menyikat gigi bersama dalam gerakan Indonesia Tersenyum di Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2019 di Jakarta, Sabtu (7/9). [Suara.com/Arya Manggala]

Selain metode dan durasi menyikat gigi, apa yang dimakan juga akan berpengaruh. Ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat dan banyak mengandung air, karena akan mengurangi tingkat keasaman dan jumlah air liur di mulut.

"Mengandung serat yang banyak, jadi serat yang kita gunakan untuk makan itu ada yang namanya zat cleansing namanya, itu menghapus proses terbentulnya karang," jelasnya.

"Apel misalnya, bengkuang, misalnya yang beserat lalu berair. Misalnya semangka, airnya banyak bisa mengurangi kadar mengendapnya kalsium di dalam air liur. Jadi secara mekanik makanan itu bisa menghapus sendiri (karang gigi)," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS