Paru-Paru Menghitam, Istri Indra Bekti Ternyata Pernah Derita Tuberculosis

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Paru-Paru Menghitam, Istri Indra Bekti Ternyata Pernah Derita Tuberculosis
Indra Bekti dan Aldilla Jelita (Suara.com)

Aldilla Jelita mengaku paru-parunya sudah sangat hitam.

Suara.com - Istri Indra Bekti, Aldilla Jelita mengaku dirinya pernah mengidap Tuberculosis sejak duduk di bangku SMA.

"Karena dulu aku punya riwayat Tuberculosis (TBC), itu berulang kali, karena aku lemah kondisinya. Jadi udah berulang kali kena," ujar Adilla, saat menjadi bintang tamu dalam program, Ini Baru Empat Mata, Kamis (31/10/2019).

Wanita yang kerap disapa Dilla itu menceritakan bahwa dulunya ia sempat mendapat perawatan dari dokter dengan mengonsumsi enam tablet obat sehari selama enam bulan. Saat itu kondisinya naik turun, namun sempat dinyatakan sembuh total.

Kemudian saat ia bekerja di Malaysia, kondisinya teryata semakin menurun. Sayangnya, saat itu Dilla tidak mengabarkan kondisinya kepada siapa pun hingga akhirnya ia benar-benar drop dan harus dioperasi.

"Aku kerja di Malaysia, ternyata kambuh gitu. Aku sempet kambuh, tapi enggak mau ngomong. Yang aku rasain waktu itu bener-bener enggak bisa napas, terus dibawa sama mamah ke dokter. Ternyata paru-paru aku udah item banget warnanya," tambahnya.

Indra Bekti dan istrinya, Aldila Jelita. (Suara.com/Firsta Nodia)
Indra Bekti dan istrinya, Aldila Jelita. (Suara.com/Firsta Nodia)

TBC merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat ditularkan melalui udara.

Infeksi ini umumnya menyerang paru-paru, namun dapat menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung hingga organ lain.

Sering kali pasien menderita TBC jenis laten, di mana bakteri TBC 'tertidur'. Mereka akan aktif dan menunjukkan gejala setelah periode waktu tertentu, seperti beberapa minggu bahkan beberapa tahun.

Semua itu tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan pasien, menurut Hello Sehat. Kemungkinan inilah yang membuat TBC pada diri Dilla sempat sembuh namun pada akhirnya kambuh kembali.

TBC yang diderita oleh Adilla sampai pernah membuatnya koma selama tiga hari setelah dioperasi.

"Waktu itu mamah nggak ngomong bakal terjadi aku koma, atau kehilangan ingatan, karena banyak obat yang bakal masuk ke tubuh," tandas Dilla.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS