3 Upaya Dinkes Jakarta Cegah Diabetes bagi Kaum Urban

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
3 Upaya Dinkes Jakarta Cegah Diabetes bagi Kaum Urban
3 Upaya Dinkes Jakarta Cegah Diabetes bagi Kaum Urban

Gaya hidup dan aktivitas Jakarta disebut membuat masyarakat sulit menjalani pola hidup sehat.

Suara.com - 3 Upaya Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta Cegah Diabetes bagi Kaum Urban

Jakarta saat ini telah menjadi kota metropolitan yang mengalami banyak transisi. Termasuk gaya hidup warganya. Hal itu menjadi faktor yang turut mendorong perubahan pola penyakit warga ibu kota. Salah satunya adalah penyakit diabetes.

Diabetes adalah penyakit kronis serius yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas normal. Umumnya penyakit diabetes dipicu oleh pola hidup tidak sehat, salah satunya konsumsi gula dan lemak berlebih. 

Dokter dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengatakan, gaya hidup dan aktivitas penduduk Jakarta membuat masyarakat sulit menjalani pola hidup sehat.

"Pagi-pagi sudah stress karena macet, untuk mengejar waktu akhir memilih makanan siap saji, sore hari duduk di kafe minum kopi pakai gula atau jajan miuman kekinian, lalu di rumah banyak duduk dan tidur-tiduran. Pola hidup seperti itulah yang mengakibatkan tidak adanya pembakaran kalori, lemak, dan gula sehingga memicu diabetes," ungkap Dwi Oktavia dalam acara Kampanye Nutrifood dan Alfa Corporation Deteksi Dini dan Batasi Gula Garam Lemak untuk Cegah Diabetes, Selasa (5/11/2019) di kawasan Jakarta Selatan.

Foto Ki-Ka: Angelique Dewi, Head of Division Corporate Communication Nutrifood , dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Nur Rachman, Corporate Communication General Manager Alfa Corporation  [Suara.com/Vessy]
Foto Ki-Ka: Angelique Dewi, Head of Division Corporate Communication Nutrifood , dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Nur Rachman, Corporate Communication General Manager Alfa Corporation [Suara.com/Vessy]

Untuk mencegah penyakit diabetes bagi warganya Pemprov DKI Jakarta telah melakukan beberapa upaya. Pertama, dengan merevitalisasi trotoar agar masyarakat nyaman berjalan kaki. Dengan begitu masyarakat akan banyak gerak. Sehingga terjadi pembakaran kalori di tubuh.

"Kedua, kami sudah membangun taman-taman kota yang difasilitasi alat olahraga. Di sana anak-anak dan orang dewasa bisa pakai, bisa main. Ini juga menjadi upaya agar anak-anak tidak main gedget saja di rumah. Mereka bisa pergi main lari-larian di taman," sambungnya.

Upaya ketiga adalah dengan berkerja sama dengan Alfamart dan Alfamidi DKI Jakarta, serta Nutrifood dalam mengadakan kampanye deteksi dini dan batasi gula garam lemak untuk cegah diabetes.

"Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melakukan program deteksi dini dan edukasi. Oleh karena itu, kami menyambut baik inisiasi dari Nutrifood atas acara ini. Hari ini kami juga menyediakan layanan  Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) yaitu pemeriksaaan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular yang mencakup pengukuran lingkar perut, tinggi badan, berat badan, dan cek gula darah di beberapa titik," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS