alexametrics

Diabetes Dapat Menyebabkan Rambut Rontok, Ketahui Penyebab Umumnya

Yasinta Rahmawati
Diabetes Dapat Menyebabkan Rambut Rontok, Ketahui Penyebab Umumnya
Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)

Diabetes dapat menyebabkan penipisan rambut dan kerontokan rambut pada beberapa orang.

Suara.com - Rambut rontok merupakan bagian alami dari siklus hidup rambut. Saat rambut mencapai tahap akhir siklus, rambut akan rontok. Rambut baru biasanya akan tumbuh dari folikel rambut yang sama untuk menggantikannya.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut, termasuk stres, hormon, kadar gula darah tinggi, dan kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti diabetes.

Diabetes dapat menyebabkan berbagai gejala dan masalah kesehatan, termasuk rambut rontok.

Seperti dilansir dari Medical News Today, diabetes dapat menyebabkan penipisan rambut dan kerontokan rambut pada beberapa orang.

Baca Juga: Stres akibat Keguguran, Wanita Ini Alami Rambut Rontok dan Idap 3 Penyakit

Beberapa faktor yang berbeda dapat menyebabkan seseorang dengan diabetes kehilangan rambut, tetapi penyebab paling umum yakni :

1. Kadar gula darah tinggi
Diabetes yang tidak terkontrol atau tidak diobati dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi.Sebab kadar gula darah yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan kerusakan di berbagai jaringan, organ, dan pembuluh darah di dalam tubuh.

Kenali ciri-ciri diabetes pada anak. (Shutterstock)
Kenali ciri-ciri diabetes pada anak. (Shutterstock)

Kerusakan pada pembuluh darah dapat membatasi aliran darah, sehingga sel-sel tertentu mendapatkan lebih sedikit oksigen dan nutrisi daripada yang mereka butuhkan. Kekurangan ini dapat berdampak negatif pada siklus pertumbuhan normal folikel rambut, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

2. Hormon dan stres
Diabetes dapat memberikan banyak tekanan, baik fisik maupun emosional pada tubuh seseorang. Stres yang terus-menerus dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

3. Alopecia areata
Alopecia areata adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh mulai menyerang folikel rambut yang sehat secara tidak sengaja. Alopecia areata menyebabkan kerontokan rambut pada bagian kepala, lengan, dan area tubuh lainnya di mana rambut biasanya tumbuh.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Mencegah Rambut Rontok dan Botak, Nomor 1 Gampang Dicari!

Meski demikian, kontrol gula darah yang baik dapat membantu membalikkan efek kerontokan rambut. Caranya antara lain : memonitor kadar gula darah secara teratur, minum semua obat sesuai petunjuk dokter, makan makanan yang seimbang dan sehat serta berolahraga secara teratur.

Komentar