Kandidat Vaksin Covid-19 pada Uji Manusia Terbukti Aman, Hasilkan Antibodi

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Kandidat Vaksin Covid-19 pada Uji Manusia Terbukti Aman, Hasilkan Antibodi
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Kabar baik! salah satu vaksin potensial untuk Covid-19 dari China telah berhasil pada pengujian manusia, terbukti aman dan menghasilkan antibodi.

Suara.com - Hasil uji coba vaksin Covid-19 potensial pada manusia di fase pertama telah menampilkan hasil positif. Vaksin tersebut dinyatakan aman untuk para relawan dan terbukti mampu menghasilkan antibodi. Penelitian tersebut di terbitkan pada The Lancet.

Melansir dari Medicalxpress, uji coba pada 108 orang dewasa sehat menunjukkan hasil yang menjanjikan setelah 28 hari yang akan dievaluasi dalam enam bulan. Percobaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah respon imun yang ditimbulkannya secara efektif melindungi terhadap infeksi SARS-CoV-2 atau virus corona baru.

"Hasil ini merupakan tonggak penting, menunjukkan bahwa dosis tunggal dari vaksin baru adenovirus tipe 5 vektor Covid-19 (Ad5-nCoV) menghasilkan antibodi spesifik virus dan sel T dalam 14 hari," kata Profesor Wei Chen dari Institut Bioteknologi Beijing di Beijing, China.

"Ini menjadikannya kandidat potensial untuk investigasi selanjutnya" tambahnya.

Namun menurut Chen, hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati. Tantangan dalam pengembangan vaksin Covid-19 adalah karena kejadian belum pernah terjadi sebelumnya. Sementara kemampuan untuk memicu respons kekebalan ini tidak selalu menunjukkan bahwa vaksin akan melindungi manusia dari Covid-19.

"Hasil ini menunjukkan visi yang menjanjikan untuk pengembangan vaksin Covid-19, tetapi kami masih jauh dari vaksin ini tersedia untuk semua," kata Chen.

Penciptaan vaksin yang efektif dipandang sebagai solusi jangka panjang untuk mengendalikan pandemi. Saat ini, ada lebih dari 100 kandidat vaksin Covid-19 dalam pengembangan di seluruh dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS