Waspadai Pembengkakan Kepala dan Leher, Bisa Jadi Tanda Kanker Paru-paru

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Waspadai Pembengkakan Kepala dan Leher, Bisa Jadi Tanda Kanker Paru-paru
Ilustrasi paru-paru [shutterstock]

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang serius dan bisa menyebabkan kematian, karena itu semua orang perlu mewaspadai gejalanya.

Suara.com - Kanker paru-paru salah satu penyebab kematian tertinggi. Karena, kanker paru-paru biasanya sulit dikenali sampai menyebar ke bagian tubuh lain.

Anda berisiko menderita kanker jenis ini bila wajah atau leher bengkak, suara serat dan ujung jari bengkak.

Menurut NHS dilansir oleh Express, kanker paru-paru juga salah satu jenis kanker yang paling umum di Inggris.

Sekitar 45 ribu orang didiagnosis menderita kanker paru-paru di Inggris setiap tahunnya. Tetapi, tanda-tanda penyakitnya cenderung terlihat setelah kanker menyebar.

Ada pula sejumlah tanda peringatan kanker paru-patu yang tak biasa, seperti wajah atau leher yang bengkak sebagai tanda awal pertumbuhan kanker.

Karena, tumor yang menekan vena berpindah dari kepala ke jantung menyebabkan pembengkakan. Selain itu, suara serak atau perubahan yang tidak normal pada suara Anda juga disebabkan oleh kanker paru-paru.

Ilustrasi paru-paru. (Shutterstock)
Ilustrasi paru-paru. (Shutterstock)

Gejala tak biasa dari suara itu bisa disebabkan oleh tumor di dada yang menekan pita suara. Sementara itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan gejala yang dikenal sebagai jari tabuh.

Bila tubuh tak menerima cukup oksigen sebagai akibat langsung dari kanker paru-paru. Maka gejala itu bisa menyebabkan pembesaran ujung jari dan kuku.

"Kanker paru-paru seringkali tidak diketahui, karena banyak pasien tidak mengalami gejala apapun pada awalnya," jelas Ahli dikutip dari Express.

Tanda paling umum dari kondisi ini adalah batuk persisten yang semakin memburuk dari waktu ke waktu, batuk darah dan dahak berwarna cokelat.

Kanker paru-paru adalah penyebab utama jari tabuh yang mulai dengan pelunakan lapisan kuku dan kuku semakin melengkung yang menyebabkan jari membengkak.

Tanda-tanda lain yang lebih umum dari kanker paru-paru termasuk nyeri dada yang memburuk dengan pernapasan dalam dan kelelahan terus-menerus.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan infeksi dada berulang atau penurunan berat badan yang ekstrem tanpa alasan jelas. Beberapa penderita juga mengeluhkan kulit dan matanya menguning.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS