Vaksin Influenza di Masa Pandemi Covid-19, Perlukah?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Vaksin Influenza di Masa Pandemi Covid-19, Perlukah?
Ilustrasi vaksin influenza. (Sumber: Shutterstock)

Karena vaksin Covid-19 masih belum tersedia, bisakah vaksin influenza melindungi?

Suara.com - Hingga saat ini, vaksin Covid-19 belum tersedia untuk melindungi kita di masa pandemi Covid-19 ini. Tapi, ternyata kita bisa melindungi diri dari virus influenza dengan vaksin yang sudah tersedia, lho.

Ya, meskipun tidak bisa melindungi dari Covid-19, tapi karena virusnya sama-sama menyerang saluran napas, vaksin influenza dapat membantu.

"Sangat perlu (vaksin influenza) saat ini. Kenapa? Karena itu kan menyerang saluran napas, dan mulai dari hidung tenggorokan sampai ke paru-paru. Maka saya bilang tadi, penting sekali vaksin influenza diberikan pada masa pandemi ini," ujar dokter spesialis anak dr. Attila Dewanti, Sp.A(K) dalam diskusi Instagram Live @kenapaharusvaksin, Jumat (5/6/2020).

Vaksin influenza pada anak baru bisa diberikan setelah usia anak di atas 6 bulan. Saat masa MPASI, vaksin diberikan selama 2 kali dalam jarak 4 minggu, "Karena ini penting sekali untuk melindungi daya tahan tubuhnya terhadap influenza," terang dr. Attila.

Tidak hanya perlu untuk anak, vaksin influenza ini juga perlu dijalani oleh anak berusia di atas 6 bulan setelah MPASI, balita, remaja, orangtua, hingga lansia.

"Vaksin influenza sebaiknya untuk semua, bahkan untuk orang-orang yang sudah tua, dalam arti kata sudah di atas 60 tahun itu lebih sangat penting," imbuhnya.

Dokter yang berpraktik di Brawijaya Hospital Antasari, Jakarta ini mengingatkan para ibu di usia produktif juga perlu menerima vaksin influenza, terlebih semua orang di sekitar bahkan hingga asisten rumah tangga sekalipun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS