Olahraga Malam Bisa Bikin Sulit Tidur, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Olahraga Malam Bisa Bikin Sulit Tidur, Mitos atau Fakta?
Olahraga di malam hari. (Shutterstock)

Ada anggapan yang menyebut olahraga malam membuat Anda sulit tidur. Mitos atau fakta?

Suara.com - Setiap orang memiliki waktu olahraga yang berbeda. Ada yang gemar olahraga pagi hari lantaran cuaca masih sejuk. Tapi tak sedikit memilih olahraga saat sore bahkan malam usai selesai bekerja.

Pemilihan waktu berolahraga sebenarnya tidak terlalu menjadi soal. Namun, ada anggapan yang menyebut olahraga malam membuat Anda sulit tidur. Mitos atau fakta?

Dokter spesialis keolahragaan dr. Andhika Raspati, SpKO mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki jam biologis. Sehingga menurutnya, jika ingin olahraga saat malam hari sebaiknya jangan dekat dengan waktu tidur.

"Tubuh ada jam biologisnya. Dia akan mengatur, meregulasi kapan harus on, kapan kerja, dan kapan recovery, pemulihan," kata Andhika dalam siaran langsung Instagram, Minggu (12/7/2020).

Ia menjelaskan, tubuh akan melakukan pemulihan usai digunakan berolahraga. Dan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan itu yakni nutrisi dan istirahat.

"Artinya kalau jam tidur dipakai untuk olahraga justru bikin sakit seperti hipertensi, jantung, dan lainnya," katanya.

Selain itu, jika olahraga, apalagi dengan intensitas tinggi, dilakukan berdekatan dengan jam tidur maka kemungkinan denyut nadi belum teratur. Juga metabolisme belum kembali normal, jelas Andhika.

"Nanti dilhawatirkam tubuh malah segar. Misal olahraga sampai jam 10 (malam) dia masih segar, nadi masih tinggi, metabolisme masih naik. Usahakan olahraga selesai dua jam sebelum jam tidur," ujar Andhika.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS