Lima Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh, Cocok untuk Vegan!

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Lima Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh, Cocok untuk Vegan!
Seorang perempuan melatakkan jahe di tangannya. [shutterstock]

Ada beberapa makanan nabati yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Suara.com - Meningkatkan kekebalan tubuh menjadi hal penting selama pandemi. Dalam hal ini ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jika Anda seorang vegan, melansir dari Insider berikut adalah beberapa makanan nabati yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda, antara lain:

1. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk atau grapefruit mengandung vitamin C tinggi. Kandungan ini dikenal bisa menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Makan Sayuran Fermentasi Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Kok Bisa?

Melansir dari Insider, satu jeruk berukuran sedang mengadung sekitar 70 mg vitamin C, satu jeruk bali sekitar 80 mg, sedangkan lemon mengandung sekitar 30 mg vitamin C.

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin C membantu tubuh memperbaiki jaringan, menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan penting yang mencegah kerusakan sel dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

"Berlawanan dengan kepercayaan populer, vitamin C tidak mungkin mencegah masuk angin, tetapi ada beberapa bukti bahwa vitamin C dapat mengurangi lamanya gejala flu," kata Janine Souffront, RDN, ahli diet terdaftar dan pengawas Pendidikan Kesehatan untuk Rencana Kesehatan Perawatan L.A.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lain sebagainya mengandung vitamin A yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Teh hingga Vitamin C Disebut Bisa Tingkatkan Kekebalan, Begini Faktanya

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine, para ilmuwan menunjukkan bahwa vitamin A mempengaruhi produksi sumsum tulang. Sumsum tulang menghasilkan sel kekebalan seperti limfosit, sejenis sel darah putih yang dapat membantu melawan infeksi.

Komentar