alexametrics

5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Rifan Aditya
5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Tahu kah kalian kunyit berguna untuk kesehatan tubuh? Simak 5 manfaat kunyit untuk kesehatan ini.

Suara.com - Kunyit kerap digunakan sebagai pewarna makanan atau minuman alami. Tapi tahu kah kalian kunyit berguna untuk kesehatan tubuh? Simak 5 manfaat kunyit untuk kesehatan ini.

Kunir atau kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini tersebar di daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Tanaman yang berwarna kuning jingga ini juga kerap dijadikan sebagai campuran minuman tradisional seperti jamu, karena memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Ternyata, kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan.

1. Meredakan Peradangan

Baca Juga: Mahasiswa PMM UMM Nogosari Bagikan Jamu Kunyit Asam ke Lansia

Manfaat kunyit yang pertama adalah meredakan peradangan. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus antiradang poten. Setidaknya, dalam satu sendok bubuk kunyit, terdapat 200 mg kurkumin.

Senyawa ini bekerja dengan cara memblokir sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada tubuh. Selain itu, kurkumin juga berguna untuk mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan produksi kortisol pada kelenjar adrenal.

2. Maag

Apakah Anda memiliki penyakit maag yang kerap kambuh? Jika ya, maka mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi kunyit. Sebab, penelitian menyebut bahwa kurkumin mampu mengobati peradangan akibat luka dan melindungi dinding perut dari iritasi dengan cara meningkatkan jumlah produksi lendir di dinding lambung.

Itulah sebabnya, menyeduh teh kunyit mampu mengurangi gejala maag atau maag yang kembung. Karena kurkumin mampu mengendalikan produksi asam lambung yang berlebihan.

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Kunyit Bisa Redakan Nyeri Radang Sendi Lutut!

3. Mengatasi Perut Kembung

Komentar