alexametrics

Berpengaruh pada Otak, Hindari Memencet Jerawat di Area Hidung dan Mulut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Berpengaruh pada Otak, Hindari Memencet Jerawat di Area Hidung dan Mulut
Ilustrasi memencet jerawat di hidung

Terhubung dengan aliran darah, hindari memencet jerawat di area segitiga ini.

Suara.com - Memencet jerawat di bagian wajah manapun memang seharusnya tidak dilakukan. Tapi memencet jerawat di area segitiga wajah bukan hanya tidak direkomendasikan, melainkan pula dilarang karena bisa berefek pada kesehatan.

Melansir dari Health, area segitiga wajah adalah area yang menghubungkan hidung pada sudut bibir. Jadi area ini adalah dari ujung hidung di antara mata, membentuk segitiga pada kedua sudut bibir.

Untuk lebih jelas melihat area segitiga di wajah Anda, maka cobalah menghubungkan ujung ibu jari Anda, lalu ujung jari telunjuk untuk membuat bentuk segitiga. Kemudian segitiga jari ditempatkan pada wajah di mana sudut segitiga berada di pangkal hidung dan alas segitiga berada pada satu sudut mulut.

"Area wajah yang menghubungkan hidung ke sudut mulut dianggap sebagai area wajah yang sangat berbahaya karena hubungan mereka yang dekat dengan otak," kta Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di Mount Sinai di New York kepada Health.

Baca Juga: Studi Chicago: Kabut Otak akibat Virus Corona Bisa Indikasi PTSD

Dengan posisinya yang dekat dengan otak, maka Anda tidak boleh menganggap enteng memencet jerawat di area tersebut.

"Sinus kavernosus adalah nama dari vena besar yang mengalirkan darah ke otak, menciptakan koneksi dari luar ke dalam," kata Dr. Zeichner. Dengan kata lain, infeksi pada jerawat di hidung memiliki jalur yang jelas ke otak.

"Oleh karena itu infeksi apapun di area itu berisiko sedikit lebih tinggi,” kata Alok Vij, MD, seorang dokter kulit di Klinik Cleveland pada Health.

"Jika timbul jerawat dan infeksi berkembang, skenario terburuknya adalah infeksi menyebar dari kulit melalui sinus ini dan berpotensi menginfeksi otak, bahkan menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh," ungkap Dr. Zeichner.

Oleh karena itu menurut Dokter Vij, memencet atau menggaruk jerawat di area tersebut tidaklah bijaksana, begitupun dengan mencabut bulu hidung pakai cara yang tidak aman.

Baca Juga: Tidur Nyenyak Baik untuk Perkembangan Otak Bayi

"Salah satu tindakan ini dapat memungkinkan bakteri memasuki area wajah yang berisiko tersebut. Alasan lain untuk menjauhkan tangan Anda dari daerah tersebut adalah karena kemungkinan besar terdapat bekas luka," kata Dr. Vij.

Komentar