alexametrics

Waspada Nyeri Leher selama WFH, Cegah dengan 4 Metode Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Waspada Nyeri Leher selama WFH, Cegah dengan 4 Metode Ini
Ilustrasi perempuan bekerja. (Shutterstock)

Nyeri leher nyatanya bisa dicegah dengan berbagai cara. Apa saja?

Suara.com - Pandemi virus corona Covid-19 menyebabkan berbagai masalah kesehatan selain infeksi virus itu sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena kurang bergerak, berada di rumah terus, bekerja di rumah hingga memandang layar gawai lebih lama.

Bekerja di rumah sendiri sering kali dikaitkan dengan badan pegal-pegal atau sakit punggung. Namun belakangan banyak yang mengalami nyeri  leher akibat penggunaan teknologi yang terlalu lama.

Namun melansir dari Healthline, masalah leher terutama selama pandemi bisa dicegah dengan berbagai cara, antara lain:

1. Atur Kembali Tempat Kerja

Baca Juga: Tanpa Diet, Ini 4 Cara Cegah Berat Badan Membengkak Selama WFH

Perusahaan di Jepang pelihara kucing (Shutterstock)
Ilustrasi bekerja di rumah (Shutterstock)

Bekerja di rumah tentu berbeda dengan di kantor terutama karena perabot yang berbada. Hal ini yang membuat posisi tempat bekerja berpengaruh pada kenyamanan tubuh.

"Saya sering menasihati pasien saya tentang menyiapkan tempat kerja yang lebih tepat untuk menghindari cedera atau mengurangi rasa sakit mereka saat ini," kata Renee Enriquez, dokter dan asisten profesor untuk departemen pengobatan dan rehabilitasi fisik di UT Southwestern Medical Center.

2. Perhatikan Postur Tubuh

Matthew Cooper, DC, CCSP, chiropractor dan pendiri USA Sports Therapy menyarankan bahwa duduk dengan bahu menempel di punggung kursi dan meletakkan keyboard di pangkuan adalah posisi yang tak baik.

"Kebanyakan orang membungkuk di atas meja mereka untuk mengetik dan ini bagi saya, adalah penyebab utama masalah leher," kata Cooper.

Baca Juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Atasi Nyeri Leher dan Lutut Gegara WFH

3. Sesekali Istirahat

Beristirahatlah dari komputer setiap 30 menit hingga satu jam. "Selama istirahat ini, regangkan leher dan bahu. Kemudian, sering-seringlah beristirahat dan melakukan aktivitas lain dalam waktu tertentu," kata Cooper.

4. Lakukan Peregangan

Ilustrasi bekerja di rumah (Shutterstock)
Ilustrasi bekerja di rumah (Shutterstock)

Setiap jam, Cooper menyarankan untuk melakukan peregangan sesekali. Dalam hal ini, Anda bisa duduk tegak di ujung kursi dengan lengan terlentang di belakang tubuh.

Rapatkan bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tahan posisi ini selama 30 detik sambil menarik napas dalam. Lalu, ulangi tiga sampai empat kali.

Komentar