facebook

Dokter Kulit: Makan Kacang Tidak Sebabkan Jerawat Tambah Banyak

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Dokter Kulit: Makan Kacang Tidak Sebabkan Jerawat Tambah Banyak
Seorang perempuan sedang menikmati kacang kenari. [Shutterstock]

Kacang sering kali dihindari untuk dikonsumsi dengan alasan agar wajah tidak berjerawat. Namun pandangan itu ternyata keliru.

Suara.com - Kacang sering kali dihindari untuk dikonsumsi dengan alasan agar wajah tidak berjerawat. Namun pandangan itu ternyata keliru.

Ahli epidemiologis dr. Richard Lee, MARS., menjelaskan bahwa kacang justru bagus untuk kesehatan kulit dan mencegah terjadinya jerawat.

Sebab kacang banyak mengandung omega 3 yang terbukti berfungsi sebagai anti imflamasi dalam tubuh.

"Ada banyak makanan yang baik untuk tubuh salah satunya yang kaya omega 3. Telah terbukti sebagai anti imflamasi dalam tubuh sehingga akan meredakan jerawat dan mengurangi kelenjar sebum," jelasnya dikutip dari kanal YouTube dr. Richard Lee, MARS., Senin (2/11/2020).

Baca Juga: Beragam Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah, Hindari Hal-hal Berikut Ini!

"Makanan kaya omega 3 seperti kacang mente, kacang almond. Berdasarkan penelitian ternyata kacang baik untuk jerawat. Kacang menurunkan imflasi dalm tubuh," tambahnya.

Pada sebagian orang, jerawat mungkin akan muncul setiap kali makak kacang. Namun, menurut Richard, kondisi itu bukan berarti kacang menyebabkan jerawat. Tetapi justru muncul sebagai reaksi alergi.

Ia menjelaskan, bahwa bisa jadi protein dalam kacang tidak dikenali oleh tubuh sebagai zat yang aman dan oleh karena itu membangun ketahanan terhadapnya dan muncul reaksi alergi.

"Ada beberapa produk tertentu yang dalam tubuh alergi. Sehingga saat makan akan timbul jerawat," katanya.

Selain kacang yang kaya akan omega 3, semua sayuran dan buah juga memiliki kandungan tersebut. Tak hanya itu, sayir dan buah juga banyak mengandung antioksidan.

Baca Juga: Kenapa Sih Jerawat Sering Muncul di Tempat yang Sama? Ini Sebabnya

Makanan lainnya, lanjut Richard, yang banyak mengandung probiotik bisa meningkatkan mikroorganisme baik dalam tubuh dan membunuh mikroorganisme buruk.

"Makanan yang sehat akan membawa dampak sehat bagi tubuh. Kalau jerawat selesai juga tidak akan menyebabkan flek," pungkasnya.

Komentar