alexametrics

Ahli Buat Semprotan Hidung yang Bisa Kurangi Risiko Virus Corona 78 Persen

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli Buat Semprotan Hidung yang Bisa Kurangi Risiko Virus Corona 78 Persen
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Para ilmuwan menemukan semprotan hidung yang bisa mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19 hingga 78 persen dengan sekali semprot.

Suara.com - Para ilmuwan telah mengembangkan semprotan hidung baru yang dipercaya bisa mengurangi risiko tertular virus corona Covid-19 hingga 78 persen.

Semprotan hidung yang disebut dengan nama Taffix ini memberikan perlindungan 5 jam hanya dengan satu kali aplikasi.

Dr Dalia Meggido, salah satu penderi dan CEO Nasus Pharma, perusahaan yang memproduksi semprotan hidung ini mengatakan produknya bukanlah pengganti masker. Produk semprotan hidung ini hanyalah lapisan perlindungan tambahan.

"Masker jelas membantu mencegah infeksi, tapi tidak menawarkan perlindungan 100 persen. Semprotan ini hanya memberikan lapisan perlindungan tambahan yang berguna dalam lingkungan berisiko tinggi, seperti transportasi umum, toko dan sekolah," jelas Dr Dalia Meggido dikutip dari Mirror UK.

Baca Juga: Adakah Orang Tak Bisa Diberi Suntikan Vaksin? ini 4 Kemungkinannya!

Semprotan ini menggunakan hipromelosa, bubuk pembentuk gel yang sering ditemukan dalam produk semprotan hidung sebagai anti-alergi dan produk yang dirancang untuk melawan flu biasa.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Setelah disemprotkan ke hidung, gel akan membentuk lapisan yang bisa mencegah virus mencapai selaput hidung.

Sementara itu, semprotan juga mengandung sedikit asam sitrat yang sedikit mengubah pH di dalam rongga hidung dan membunuh virus saat bersentuhan.

Selama uji coba yang dilakukan di University of Virginia, semprotan hidung ini bisa membunuh 99,99 persen virus SARS-CoV-2.

Pada kehidupan nyata, semprotan hidung ini bisa mengurangi risiko tertular virus corona hingga 78 persen tanpa efek samping.

Baca Juga: Robby Purba Ingatkan Roy Kiyoshi Stop Minum Alkohol, Ketahui Bahayanya!

"Sepengetahuan kami, ini adalah pertama kalinya tindakan selama memakai masker bisa mencegah infeksi pada virus corona Covid-19," jelas Profesor Barbara Mann yang memimpi penelitian.

Jika mengingat tingkat keamanan produk semprotan hidung ini dan bukti kemanjurannya yang siginifkan secara statistik dalam mencegah infeksi virus. Tampaknya, lapisan perlindungan tambahan ini bisa mengurangi risiko infeksi secara signifikan.

Selain itu, semprotan hidung ini adalah perlidungan nonspesifik terhadap virus pernapasan. Karena, produk ini akan memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran influenza dan virus lainnya.

"Sementara itu, penggunaan produk ini juga aman dan terbukti mengurangi risiko tertular virus corona Covid-19 secara klinis," jelas Dr Meggido.

Komentar