alexametrics

Tanpa Olahraga, Jus Jeruk Bali Bisa Bantu Hilangkah Lemak Perut

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Tanpa Olahraga, Jus Jeruk Bali Bisa Bantu Hilangkah Lemak Perut
Jeruk bali, delima (Pixabay/Free-Photos)

Jus grapefruit, termasuk jeruk bali bisa membantu membakar lemak perut dan membuat tubuh ramping.

Suara.com - Sejumlah orang mungkin berusaha mencari cara untuk menghilangkan lemak perut, seperti olahraga keras. Padahal minum jus jeruk bali bisa membantu menghilangkan lemak perut.

Ada beberapa bukti yang mengaitkan diet grapefruit (termasuk jeruk bali) dengan menjaga berat badan yang lebih sehat.

Salah satu studi yang diterbitkan dalam Food and Nutrition Research tahun 2014, menemukan orang yang makan lebih banyak grapefruit (jeruk balik) memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan buah.

Selain dilansir dari Express, mereka yang makan buah jeruk bali juga memiliki ukuran pinggang lebih kecil dan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Dokter Jawab Dua Mitos Umum Vaksin yang Beredar di Masyarakat

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jeruk bali cenderung mendapatkan lebih banyak nutrisi penting, termasuk serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

lemak perut, obesitas, perut buncit (Pixabay/jarmoluk)
lemak perut, obesitas, perut buncit (Pixabay/jarmoluk)

Menurut studi Nutrition and Metabolism tahun 2006, jus jeruk bali mengandung vitamin C tinggi yang berperan dalam fungsi enzim dalam sel dan kadar vitamin C yang rendah bisa mempersulit oksidasi lemak selama olahraga.

"Para peneliti membandingkan pembakaran lemak pada orang yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah dan orang yang memiliki kadar lebih tinggi. Peneliti menemukan tidak mendapatkan cukup vitamin C bisa menghambat pembakaran lemak selama olahraga," jelas peneliti dikutip dari Express.

Peneliti juga menemukan minum jus jeruk bali juga bisa membantu mengontrol berat badan. Studi 5 tahun dalam Journal of the American College of Nutrition 2010, menemukan bahwa orang yang minum jus buah jeruk bali 100 persen lebih ramping dan cenderung tidak menderita obesitas

Penelitian di Plos One, telah mencari tahu manfaat konsumsi jus jeruk bali dalam mengurangi berat badan pada tikus. Mereka membuat tikus minum 25 hingga 50 persen jus jeruk bali dan mengklarifikasi partikel tidak larut yang lebih besar dengan sentrifugasi sebagai sumber cairan.

Baca Juga: Ahli Buat Semprotan Hidung yang Bisa Kurangi Risiko Virus Corona 78 Persen

Tikus yang diet tinggi lemak dan sentrifugasi mengalami penurunan berat badan 18,4 persen, penurunan glukosa darah 13 hingga 17 persen, penurunan insulin 3 kali lipa dan penurunan triasilgliserol hati 38 persen.

Komentar