alexametrics

Kemen PPPA Gandeng Anak Lakukan Pencegahan Kasus Stunting

Risna Halidi | Lilis Varwati
Kemen PPPA Gandeng Anak Lakukan Pencegahan Kasus Stunting
Ilustrasi tinggi badan anak, tubuh pendek atau stunting. ( Shutterstock)

Menurut Inti Mudjiati, keterlibatan anak dalam mencegah stunting melalui edukasi gizi menjadi salah satu solusi baik.

Suara.com - Masalah stunting bukan hanya jadi tanggung jawab tenaga kesehatan. Selain peran orangtua, anak-anak juga ikut dilibatkan untuk lakukan sosialisasi kepada teman sebanya.  

Rencana itu menjadi bagian dalam program pencegahan stunting Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

"Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka stunting dan tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Upaya pemerintah perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat termasuk dari anak-anak," kata Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partispasi Anak Kemen PPPA Endah Sri Rejeki dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (28/3/2021).

Kemen PPPA juga membangun wadah bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan, yaitu Forum Anak yang memiliki peran penting sebagai pelopor dan pelapor atau 2P. Disampaikan Endah, anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak akan diajak untuk berkontribusi mencegah stunting di daerah masing-masing.

Baca Juga: Menteri Bintang: Perkawinan Anak Sebabkan Ibu Lahirkan Bayi Stunting

“Forum Anak berperan sebagai pelopor dengan mengadakan aksi kampanye pencegahan terjadinya stunting. Anak merupakan intervensi strategis untuk mencegah terjadinya stunting dengan memberikan edukasi, pemahaman, dan memotivasi anak-anak sehingga memiliki pola asup gizi seimbang dan pola hidup sehat,” tambah Endah.

Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2019 menunjukkan penurunan prevalensi stunting sekitar 3,13 persen. Pada Riset Kesehatan Dasar 2018 prevalensi sebesar 30,8 persen menjadi 27,67 persen pada tahun 2019.

Meski begitu, Kemenkes tetap menganggap angka itu tinggi. Kasubdit Penanggulangan, Masalah Gizi, Direktorat Gizi Masyarakat Kemenkes Inti Mudjiati mengatakan penanggulangan masalah stunting tidak bisa diselesaikan dari sektor kesehatan saja namun perlu penanganan multisektor. 

Menurut Inti Mudjiati, keterlibatan anak dalam mencegah stunting melalui edukasi gizi menjadi salah satu solusi baik. 

“Edukasi gizi ini yang menjadi sangat penting karena bisa dilakukan kapan saja dan ini peran dari Forum Anak sangat penting untuk memberikan edukasi gizi kepada teman-teman sebayanya. Jangan sampai melakukan diet yang salah, kemudian bagaimana harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur, dan melakukan asupan gizi seimbang, juga cerdas dalam memilih label pangan,” tutur Mudjiati.

Baca Juga: Menko PMK Minta Keluarga Stunting Masuk Jadi Prioritas PKH

Komentar