alexametrics

Waspada, Ini 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Sedang Melemah

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Waspada, Ini 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Sedang Melemah
Tubuh lelah saat bangun tidur. (Elements Envato)

Salah satunya sering merasa lelah meski baru bangun tidur.

Suara.com - Sistem kekebalan tubuh saat ini adalah hal yang harus saat diperhatikan, terutama untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, jamur, hingga virus corona penyebab pandemi Covid-19.

Tapi mirisnya, banyak orang kerap tidak menyadari jika kekebalan tubuh sedang melemah, padahal tubuh sudah menunjukkan berbagai tanda dan gejala yang seharusnya jadi peringatan.

Berikut 5 tanda jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah, mengutip Times of India, Jumat (11/6/2021).

1. Alami gangguan pencernaan
Hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh berada di usus manusia. Bakteri baik (probiotik) di dalam usus bisa melawan bakteri hingga virus dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena pertumbuhan sel T atau Sel Army yang bertambah.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat yang Cocok untuk Naikkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nah, jika jumlah probiotik rendah, maka bisa meningkatkan risiko infeksi virus, peradangan kronis, bahkan gangguan autoimun. Sehingga apabila menderita diare, kembung, atau sembelit berulang, sebaiknya Anda waspada. Mungkin itu tanda sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

2. Luka lama sembuh
Saat terjadi luka, biasanya sistem kekebalan tubuh akan membuat sel baru yang bisa menutupi luka, sehingga luka cepat sembuh. Tapi jika kekebalan tubuh sedang lemah, ia akan kesulitan meregenerasi sel baru sehingga luka sulit dan sangat lama untuk sembuh.

3. Mudah lelah dan mengalami kelelahan ekstrim
Rasa lelah ini mudah mendera, meskipun Anda baru saja bangun dari tidur. Anehnya, Anda merasa lelah mudah kambuh dan lelah yang dialami sangat tidak biasa, karena merasa sangat lemas.

Ini mengartikan bahwa tubuh berusaha menghemat energi, agar sistem kekebalan tubuh punya energi yang cukup untuk bertempur melawan virus, bakteri, atau patogen lainnya yang menginfeksi tubuh.

4. Sering mengalami flu
Berdasarkan penelitian, umumnya orang dewasa akan mengalami dua hingga tiga kali flu setiap tahunnya. Tapi jika lebih dari itu, sebaiknya Anda waspada karena menandai ada yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Tinggi Zinc Berikut

Bisa jadi ini berhubungan dengan gaya hidup dan masalah kebersihan. Jika Anda perokok berat, maka sistem kekebalan tubuh akan mudah terganggu, dan menyebabkan kerusakan yang hasilnya akan membawa kuman.

Komentar