alexametrics

Cara Hempaskan Mager PPKM Ala Liliyana Natsir: Mulai dari Pikiran

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Cara Hempaskan Mager PPKM Ala Liliyana Natsir: Mulai dari Pikiran
Liliyana Natsir usai menghadiri konferensi pers Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019 di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Mantan atlet bulutangkis Liliyana Natsir mengaku pernah mengalami momen mager alias males bergerak selama PPKM. Bagaimana cara ia mengatasinya?

Suara.com - Mantan atlet bulutangkis Liliyana Natsir mengaku pernah mengalami momen mager alias males bergerak selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM. Bagaimana cara ia mengatasinya?

Perempuan yang akrab disapa Butet ini menyebut, pensiun sebagai atlet memang membuatnya sempat mager, karena hanya boleh melakukan kegiatan di rumah saja.

"Sejujurnya sejak dari pensiun memang kerasa banget perubahannya, dari yang aktif banget setiap harinya, dari siang, sore, bahkan malam latihan. Dan setelah pensiun apalagi kita lagi PPKM di rumah aja, rasa magernya itu gede banget," ungkap Butet dalam acara peluncuran Anlene Actifit 3X Gold 5X, Selasa, (8/3/2021).

Tapi nyatanya, Butet memiliki kiat untuk menghempaskan hasrat mager yang menjeratnya, yaitu dengan cara mengubah pola pikir tentang pentingnya hidup sehat sebagai investasi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Selain Greysia-Apriyani, Daftar 11 Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Legenda bulutangkis nasional, Liliyana Natsir, ditemui saat menyaksikan pertandingan Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (18/7). [Suara.com/Arief Apriadi]
Legenda bulutangkis nasional, Liliyana Natsir, ditemui saat menyaksikan pertandingan Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (18/7). [Suara.com/Arief Apriadi]

Pola hidup sehat yang ia terapkan, yaitu berusaha selalu bergerak aktif sebagai salah satu cara merawat diri atau self care, yang membuatnya bisa lebih bahagia menikmati hidup.

"Punya duit banyak percuma kalau nggak sehat, kan jadinya nggak bisa menikmati. Walau magernya gede, ngemil di atas sofa tiduran, pindah posisi duduk dari ujung sofa ke ujung lainnya, banyak banget dialami teman-teman selama di rumah," ungkap perempuan yang berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Rio 2016 itu.

Meski bukan untuk bertanding, Butet masih aktif berolahraga bulutangkis untuk have fun atau bersenang- senang. Ditambah, selama di rumah ia juga melakukan olahraga simpel yaitu berjalan, berlari, dan melompat di dalam rumah.

"Gerakan itu aja cukup kok, yang penting rutin, nggak mood-mood an, karena kalau tidak konsisten tidak terlalu ada gunanya. Atau bisa juga dimulai dengan latihan ringan," terang perempuan dengan ciri khas rambut pendek itu.

Sekedar informasi, Butet adalah salah satu mantan atlet bulutangkis putri kebanggan Indonesia. Ia berhasil menyabet medali emas di ajang Olimpiase Rio de Janeiro 2016 bersama pasangannya Tontowi Ahmad, dalam kelas ganda campuran.

Baca Juga: Medali Emas Owi/Butet Resmi Direbut Wang/Huang di Olimpiade Tokyo

Butet resmi memutuskan 'gantung raket' dan pensiun sebagai atlet bulutangkis profesional pada 27 Januari 2019, saat dirinya masih berada di puncak karir. Tepat setelah menjalani pertandingan final Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta.