alexametrics

Tak Perlu 10 Hari, Studi Baru Sebut Isolasi Mandiri 5 Hari Sudah Cukup

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tak Perlu 10 Hari, Studi Baru Sebut Isolasi Mandiri 5 Hari Sudah Cukup
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Penelitian menemukan isolasi mandiri selama 5 hari sudah cukup, karena pasien Covid-19 tidak lagi menularkan virusnya.

Suara.com - Selama ini, semua orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 disarankan melakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Karena itu, seseorang dianggap sudah tidak bisa menularkan virusnya setelah 10 hari tersebut.

Tapi, penelitian baru menemukan kalau pasien sudah tidak bisa menularkan virus corona Covid-19 setelah 5 hari isolasi mandiri. Sebuah studi dari Universitas Oxford menemukan pasien hanya memiliki risiko 2 persen menularkan virusnya setelah 5 hingga 10 hari isolasi.

Pathogen Dynamics Group menemukan 4 dari 10 infeksi virus corona Covid-19 terkonfirmasi sebelum gejalanya jelas, yang mana 35 persen kasus teridentifikasi dalam 2 hari sejak gejala pertama muncul.

Sekelompok ahli lain di University of St Andrews menemukan kasus virus corona Covid-19 sebelum munculnya gejala. Kemudian, mereka menemukan pasien berada dalam kondisi paling berisiko menularkan virusnya setelah 5 hari pertama.

Baca Juga: Kenapa WHO Masih Belum Bisa Temukan Asal-Usul Virus Corona Covid-19?

Artinya, 5 hari pertama sejak kemunculan gejala virus corona merupakan titik penularan yang paling mungkin terjadi. Dr Muge Cevik, dosen klinis penyakit menular dan virologi medis di universitas tersebut, mengatakan sebagian besar kasus penularan virus corona Covid-19 terjadi sangat awal dan periode isolasi bisa jauh lebih singkat pada kasus-kasus tersebut.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

"Viral load memuncak cukup cepat, sehingga orang sangat menular dalam beberapa hari pertama. Jadi, pedoman isolasi diri sekarang ini tidak berfungsi untuk mencegah penularan virus corona itu," kata Dr Cevik dikutip dari The Sun.

Sejak awal pandemi virus corona hingga Desember 2020, semua orang yang positif virus corona Covid-19 diperintahkan melakukan isolasi dan tidak boleh meninggalkan rumah selama 2 minggu.

Kemudian, aturan lamanya waktu isolasi itu dipangkas menjadi 10 har. Karena, pasien Covid-19 disebut tidak lagi berisiko menularkan virus selama jangka waktu tersebut.

Aturan itu muncul setelah NHS mendesak semua orang untuk melakukan isolasi mandiri setelah terpapar pasien Covid-19 guna mengurangi jumlah kontak sosial.

Baca Juga: Cegah Penularan Virus Corona Lewat Dinding dengan Cat Antimikroba

Tapi sekarang, semua orang yang terpapar pasien Covid-19 dan memiliki hasil tes negatif Covid-19 tetap disarankan melakukan isolasi mandiri hanya selama 5 hari. Langkah ini merupakan cara mencegah penularan virus corona yang lebih luas.

Komentar