alexametrics

Dokter Sarankan Jangan Sikat Gigi setelah Sarapan, Ini Sebabnya

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Dokter Sarankan Jangan Sikat Gigi setelah Sarapan, Ini Sebabnya
Ilustrasi sikat gigi. (Sumber: Shutterstock)

Beberapa orang mungkin senang sikat gigi setelah sarapan, tetapi ini bukan langkah yang tepat.

Suara.com - Umumnya, orang sikat gigi dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tapi, ada beberapa orang yang suka sikat gigi setelah sarapan pagi.

Seorang dokter gigi dari Essex, Anna Peterson menyarankan untuk tidak sikat gigi setelah sarapan. Karena, sikat gigi setelah sarapan justru akan merusak gigi.

Sebab, kondisi mulut seseorang akan lebih asam ketika sarapan. Jadi, sikat gigi setelah sarapan sama halnya dengan menyikat asam dalam mulut yang akan mengikis emaill gigi.

Anna mengatakan lebih baik seseorang sikat gigi sebelum makan, karena langkah ini akan membantu melindungi gigi dari apapun yang dikonsumsi Anda saat sarapan.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Covid-19 Berbeda Setiap Usia, Kenali Perbedaannya

"Sikat gigi sebelum sarapan akan melindungi gigi Anda dari apapun yang Anda makan ketika sarapan," kata Anna Peterson dikutip dari The Sun.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Dilansir dari Healthline, Anda harus menyikat gigi sebelum sarapan karena bakteri penyebab plak di mulut cenderung berkembang biak ketika tidur.

Jika Anda membersihkan bakteri itu dengan cara sikat gigi dan menggunakan pasta gigi, ini bisa melapisi email gigi terhadap asam dalam makanan.

Setelah Anda sikat gigi di pagi hari sebelum sarapan, produksi air liur Anda akan meningkat. Satu studi terhadap 21 orang dewasa menunjukkan produksi air liur akan meningkat hingga 5 menit setelah sikat gigi di pagi.

Air liur itulah yang akan membantu makanan Anda terurai dan membunuh bakteri berbahaya di mulut secara alami.

Baca Juga: WHO Panggil Ahli Untuk Investigasi Asal-usul Virus Corona

Tapi, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh sikat gigi setelah sarapan. Jika Anda mengonsumsi makanan dan minuman asam ketika sarapan, seperti roti panggang, jeruk, kopi dan lainnya yang asam.

Maka, Anda harus menunggu 30 menit hingga 1 jam untuk sikat gigi.

American Dental Association merekomendasikan Anda menunggu 60 menit setelah sarapan sebelum sikat gigi, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam.

Anda bisa minum air putih atau mengunyah permen karet setelah makan untuk membersihkan mulut dan gigi sebelum sikat gigi.

Komentar