alexametrics

Penyebab dan Dampak Stunting Pada Anak

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Penyebab dan Dampak Stunting Pada Anak
ilustrasi gizi buruk [shutterstock]

Stunting atau kekurangan gizi kronis menjadi ancaman bagi anak-anak Indonesia.

Suara.com - Stunting atau kekurangan gizi kronis menjadi ancaman bagi anak-anak Indonesia. Manifestasi stunting yang paling umum adalah, anak memiliki pertumbuhan fisik lambat, yang tidak sesuai dengan usianya.

Dikatakan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dr. Damayanti R Sjarif, SpA(K), stunting bisa terlihat ketika tinggi anak tidak sepadan dengan teman sebayanya.

“Jadi stunting ini merupakan suatu perawakan pendek, di mana penyebabnya adalah kekurangan gizi kronik,” ungkapnya dalam acara Webinar Kelas Jurnalis Gizi dan Kesehatan Anak, Kamis (9/9/2021).

Mengapa kekurangan gizi kronik? Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Damayanti mengatakan stunting umumnya terjadi karena asupan gizi yang tidak adekuat.

Baca Juga: Untuk Kurangi Kasus Stunting di Tanggamus, Danone Indonesia Gelar Edukasi Isi Piringku

Latar belakangnya bisa terjadi karena faktor kemiskinan, penelantaran, hingga ketidaktahuan orangtua.

“Misalnya orangtuanya miskin dan tidak bisa beli makanan. Makanya penting bantuan dari Pemerintah untuk memberi kebutuhan hidup sehari-hari,” lanjutnya.

“Penelantaran juga terjadi ketika anak tidak dikasih makan sama orangtua nya. Karena itu perlu ditangani lewat program sosial anak,” ungkap dr. Damayanti.

Ia lalu membagikan pengalamannya saat berhadapan dengan pasien ekonomi menengah ke atas. Kata dr. Damayanti, meski secara ekonomi baik-baik saja, namun kemungkinan orangtua tidak tahu apa itu stunting masih bisa terjadi

"Banyak dari pasien saya yang menengah ke atas yang mengalami anaknya stunting. Karena mereka tidak tahu cara memberi makan yang benar untuk anak mereka. Belum lagi sosial media tidak bisa membedakan makanan anak, dan itu disamakan saja,” ungkapnya.

Baca Juga: Bahaya! Angka Stunting di Kabupaten Bandung Terus Naik

Apa saja dampak anak yang mengalami stunting?
Dari kasus penyebab terjadinya stunting pada anak, tentu ada dampak yang bisa saja terjadi bagi masa depannya. Berikut dampak stunting pada anak yang dilansir dari Klik Dokter.

Komentar