alexametrics

Infeksi Sinus vs Virus Corona Covid-19, Begini Cara Bedakan Gejalanya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Infeksi Sinus vs Virus Corona Covid-19, Begini Cara Bedakan Gejalanya!
Ilustrasi virus corona Covid-19, infeksi sinus (Pixabay/mohamed_hassan)

Infeksi sinus dan virus corona Covid-19 menunjukkan gejala yang hampir mirip.

Suara.com - Virus corona Covid-19 termasuk sindrom pernapasan akut parah yang gejalanya seringkali tumpang tindih dengan penyakit musiman lainnya, seperti flu hingga infeksi sinus.

Karena itulah, kebanyakan orang panik ketika mendadak pilek dan sakit tenggorokan. Sebab, dua kondisi itu juga merupakan gejala umum virus corona Covid-19.

Apalagi, orang yang menderita infeksi sinus. Mereka mungkin akan lebih bingung membedakan gejala virus corona Covid-19 dan infeksi sinus ketika memasuki musim flu.

Karena, gejala infeksi sinus dan virus corona Covid-19 kurang lebih sama. Sehingga, Anda yang menderita infeksi sinus perlu memahami perbedaannya dengan virus corona Covid-19.

Baca Juga: Studi: Pria Lebih Berisiko Alami Infeksi Virus Corona Parah Meski Sudah Vaksinasi

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa infeksi sinus atau sinusitis terjadi ketika kantong berisi udara di dalam hidung dan kepala yang disebut saluran sinus membengkak dan meradang.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Kondisi ini membuat lendir lebih sulit mengalir, sehingga hidung tersumbat. Akibatnya, bakteri yang terperangkap di saluran akan tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Sementara itu, virus corona Covid-19 juga bisa menyebabkan sumbatan dan sakit kepala karena peradangan pada saluran sinus. Perbedaan utamanya adalah infeksi sinusitis membutuhkan waktu lebih lama atau sekitar 10 hari untuk menunjukkan gejala dan virus corona Covid-19 terjadi lebih cepat.

Karena virus corona dan sinus adalah infeksi pada sistem pernapasan bagian atas, keduanya bisa menunjukkan gejala serupa. Dilansir dari Times of India, berikut gejala yang mungkin terjadi akibat kedua kondisi tersebut.

  1. Hidung berair atau tersumbat
  2. Sakit kepala
  3. Sakit tenggorokan
  4. Batuk
  5. Demam
  6. Kelelahan

Tapi, perlu diingat bahwa infeksi sinus lebih merupakan penyakit musiman. Kondisi ini lebih sering terjadi pada musim dingin dan flu.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan Akibat Virus Corona vs Flu Biasa, Ini Cara Membedakannya!

Orang yang merokok, memiliki alergi dingin, musiman atau sistem kekebalan lemah akan lebih rentan mengalami infeksi sinus. Beberapa gejala infeksi sinus yang berbeda dengan virus corona Covid-19, antara lain:

  1. Tekanan di sekitar pipi bagian atas, dahi dan bagian dalam mata
  2. Tetes postnasal
  3. Sakit gigi
  4. Bau mulut
  5. Drainase hidung berwarna berbeda

Sedangkan, gejala virus corona Covid-19 berkembang secara drastis. Setelah seseorang terpapar, ia membutuhkan sekitar 7 hingga 10 hari untuk mengalami gejalanya.

Adapun gejala virus corona Covid-19 yang membedakannya dengan infeksi sinus, antara lain:

  1. Sesak napas
  2. Sakit badan dan nyeri
  3. Masalah pencernaan
  4. Kehilangan bau dan rasa

Pada infeksi virus corona, kehilangan indra penciuman dan pengecap biasa terjadi bahkan tanpa hidung meler atau tersumbat.

Komentar