alexametrics

Ahli Ingatkan Risiko Twindemic yang Lebih Parah Tahun Ini

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli Ingatkan Risiko Twindemic yang Lebih Parah Tahun Ini
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Para ahli peringatkan adanya risiko twindemic, yakni gabungan antara ancaman flu dan virus corona Covid-19 yang lebih parah tahun 2021 ini.

Suara.com - Virus corona Covid-19 adalah penyakit yang jauh lebih parah dan tidak bisa diprediksi, tak seperti penyakit pernapasan lainnya. Tapi, kini orang-orang menjadi lebih waspada dan berhati-hati dengan mengambil langkah perlindungan untuk menjaga dirinya sendiri.

Pada gilirannya, langkah-langkah perlindungan ini bisa membantu mencegah penyakit lain.

Meski begitu, para ahli telah memperingatkan adanya risiko twindemic di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang lebih parah tahun 2021 ini.

Twindemic mengacu pada kemungkinan musim flu parah di tengah meningkatnya jumlah kasus virus corona Covid-19. Menurut para ahli, langkah-langkah pencegahan selama pandemi bisa mencegah penyebaran penyakit pernapasan lain secara tak langsung, seperti memakai masker, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak sosial.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Di tengah pandemi virus corona dan tanpa adanya vaksin Covid-19, orang-orang hanya bisa melindungi dirinya dengan memakai masker, menjaga jarak sosial, menjaga kebersihan tangan dan mengisolasi diri di rumah untuk melindungi diri sendiri.

Semua faktor ini bisa membantu mencegah penularan virus corona Covid-19 yang mematikan sekaligus penyakit pernapasan lainnya, seperti flu.

Ilustrasi virus corona Covid-19, twindemic (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona Covid-19, twindemic (Pixabay/mohamed_hassan)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kasus flu selama musim 2020-2021 tergolong cukup rendah karena langkah-langkah perlindungan tersebut.

Sekarang ini, orang-orang lebih lebih santai dan kurang waspada karena adanya vaksin Covid-19. Meskipun sulit untuk membedakan gejala flu dan gejala virus corona, para ahli memperingatkan adanya kemungkinan twindemic.

Namun dilansir dari Times of India, vaksin Covid-19 afalah cara terbaik untuk mengatasi virus corona Covid-19 tersebut. Menurut CDC, vaksin Covid-19 adalah langkah terpenting di tengah lonjakan kasus virus corona Covid-19.

Baca Juga: Survei: 70 Persen Masyarakat yang Belum Divaksin Covid-19 Merasa Tidak Butuh

Pada waktu bersamaan, suntik vaksin flu juga sama pentingnya. CDC mengatakan semua orang bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, suntikan penguat vaksin Covid-19 sekaligus vaksin flu bersamaan.

Sebelumnya, CDC merekomendasikan untuk menangguhkan atau menunda suntik vaksin lain dalam 14 hari setelah suntik vaksin Covid-19.

Selain suntik vaksin Covid-19, memakai masker, menjaga jarak sosial, dan menjaga kebersihan tangan juga sama pentingnya. Karena, virus corona dan flu sama-sama penyakit menular.

Komentar