facebook

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Pagi Hari Ini Justru Bisa Merusak Kulit Wajah

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-Hati, 5 Kebiasaan Pagi Hari Ini Justru Bisa Merusak Kulit Wajah
Kulit Wajah. (Elements Envato)

Ada beberapa kebiasaan pagi hari yang justru bisa merusak kulit wajah tanpa disadari.

Suara.com - Anda mungkin sudah melakukan rutinitas perawatan kulit yang sempurna dan memenuhi sebuah kebutuhan kulit Anda. Tapi, beberapa kebiasaan salah justru bisa merusak kulit tanpa disadari.

Contohnya, makan menu sarapan yang sama setiap pagi hingga mengoleskan tabir surya ketika berada di luar ruangan mungkin berkontribusi pada kerusakan kulit.

Karena, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat dan kerutan dini. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa merusak kulit wajah.

1. Makan oatmeal setiap sarapan pagi

Baca Juga: Batuk Nomal vs Virus Corona Covid-19, Begini Cara Membedakannya!

Makan semangkuk oatmeal untuk sarapan adalah cara paling lezat dan sehat untuk memulai pagi hari. Tapi, memakannya setiap hari bisa membahayakan tubuh dan kulit tanpa disadari.

Saat Anda makan oatmeal terlalu sering, Anda justru melupakan nutrisi penting lainnya dari tubuh. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan Anda kekurangan gizi dan kulit lebih kering serta bersisik.

Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)
Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)

2. Mandi terlalu lama

Mandi air panas terlalu lama mungkin sangat menenangkan di pagi hari ketika cuaca dingin. Tapi, kebiasaan mandi air panas setiap pagi bisa berdampak buruk pada kulit.

Air panas bisa merusak lapisan pelindung kulit yang mengunci kelembapan sehingga mempercepat proses penuaan. Meskipun Anda hanya sekadar mencuci muka setiap pagi, kebiasaan ini tetap merusak kapiler di wajah.

Baca Juga: Munculnya Virus Corona Mirip Varian Delta Berpotensi Memperburuk Pandemi Covid-19

3. Minum kopi di pagi hari

Banyak orang kebiasaan minum kopi sebelum beraktivitas di pagi hari. Selain rasanya yang enak, minum kopi memang bermanfaat untuk kulit. Tapi, meminumnya setiap hari sebelum sarapan lebih menyebabkan kerusakan pada kulit dibandingkan manfaatnya.

Kopi adalah diuretik kuat yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Pada gilirannya, kebiasaan ini akan mempersulit racun untuk keluar dari tubuh Anda melalui kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerutan dini.

4. Mengoles tabur surya hanya saat panas

Tabir surya membantu melindungi kulit Anda saat cuaca panas, tetapi ini juga bisa mencegah penuaan kulit ketika Anda hanya di dalam ruangan sepanjang hari.

Meskipun kaca yang digunakan di mobil, rumah, dan jendela kantor menghalangi sebagian besar sinar UVB. Kcaa ini tetap tidak melindungi kulit Anda dari sinar UVA yang berbahaya.

Jika Anda bekerja di kantor sepanjang hari dan tidak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, tetap lebih baik menggunakan tabir surya untuk membantu kulit Anda awet muda lebih lama.

5. Pakai perawatan kulit yang sama terus-menerus

Kebanyakan orang mungkin menggunakan produk perawatan kulit yang sama untuk pagi dan malam hari dalam jangka waktu lama. Hal ini mungkin lebih simple dan hemat, tetapi buruk untuk kulit tanpa disadari.

Pakai produk perawatan kulit yang sama dalam jangka waktu panjang justru akan memperburuk kulit.

Karena itu, dokter kulit merekomendasikan Anda mengubah rutinitas perawatan kulit sesuai musim untuk membantu memperbaiki atau menjaga penampilan kulit.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar