facebook

Memahami HPV adalah Resiko Banyak Orang, Simak Ulasannya di Sini!

Yasinta Rahmawati
Memahami HPV adalah Resiko Banyak Orang, Simak Ulasannya di Sini!
`https://pixabay.com/images/id-2794380/

HPV adalah virus yang dapat mengancam banyak orang. Simak di sini untuk meningkatkan kewaspadaan Anda!

Suara.com - Pernahkah Anda mendengar istilah HPV? HPV adalah singkatan untuk Human Papillomavirus, yang merupakan virus DNA yang dapat menginfeksi manusia pada bagian kulit dan selaput lendir. HPV merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Banyak orang dengan HPV tidak menunjukkan gejala apa pun namun masih bisa menulari orang lain melalui kontak seksual.

Nah, agar dapat meningkatkan kesadaran pada risiko ini, Anda bisa menyimak tiga bagian pembahasannya. Mulai dari gejala, penyebab, dan pengobatan yang bisa dilakukan, berikut penjelasannya dalam ulasan singkat.

Apa Gejala ketika Terjangkit HPV?

Ada beberapa gejala yang paling sering tampak. Diantaranya adalah sebagai berikut : 

Baca Juga: Hits: Tidur Bisa Menurunkan Kemampuan Kognitif, Vaksinasi HPV untuk Anak Kelas 5 dan 6 SD

  • Munculnya kutil di area kelamin dan kulit. Rasanya sangat gatal dan tak nyaman, hingga ketika sudah cukup parah menjadi nyeri.
  • Muncul gejala serupa dengan kanker serviks, seperti keputihan berbau tak sedap, rasa nyeri saat berhubungan intim, pendarahan tidak teratur, dan pendarahan setelah menopause.
  • Pada tipe HPV 16 dan 18, bisa muncul kanker rongga mulut yang disebabkan karena seks oral. Gejalanya seperti bercak putih atau merah pada mulut, kebas wajah, hingga sakit tenggorokan.
Ilustrasi virus HPV. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi virus HPV. (Sumber: Shutterstock)

Pemicu Terjadinya HPV pada Seseorang

Sebenarnya karena HPV merupakan virus, jadi faktor utamanya adalah dari luar. Artinya seorang bisa terkena HPV ketika tertular dari orang lain, saat melakukan kontak fisik atau pertukaran cairan tubuh. 

Pada kasus lain HPV juga dapat menular dari ibu hamil yang mengidapnya, kepada bayi yang lahir secara normal. Infeksi HPV biasanya muncul pada saluran pernapasan atas si bayi.

Selain melakukan hubungan seksual secara aman dengan menggunakan kondom dan tak berganti pasangan, Anda juga direkomendasikan untuk selalu menggunakan alas kaki ketika datang ke tempat umum untuk mengurangi rIsiko terjangkitnya virus HPV ini.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Baca Juga: Vaksinasi HPV Sejak Dini Akan Lindungi Anak Perempuan dari Kanker Serviks Seumur Hidup

Idealnya pada gejala awal seperti kutil, pengobatan dapat dilakukan dengan obat oles atau pembedahan. Tentu, obat oles ini sebaiknya adalah rekomendasi dari dokter spesialis yang sudah melakukan pemeriksaan intensif.

Pada kanker serviks dan kanker rongga mulut, pengobatan yang dilakukan berupa operasi, radiasi, serta kemoterapi, untuk membantu menghilangkan sel kanker.

Sebisa mungkin jangan sampai Anda menggaruk dan menyabuni area-area yang gatal, terutama di kemaluan, secara berlebihan. Kompres dengan air dingin, dan segera konsultasikan ke dokter spesialis yang Anda percaya.

HPV adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja yang tidak cermat dalam menjaga interaksinya. Jadi, senantiasa jaga diri Anda dengan menjaga kebersihan dan memeriksakan diri secara berkala untuk memastikan kondisi kesehatan.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar