facebook

Kenali Penyebab dan Gejala Diabetes pada Anak yang Dialami Matthew White sebelum Meninggal Dunia

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kenali Penyebab dan Gejala Diabetes pada Anak yang Dialami Matthew White sebelum Meninggal Dunia
Potret Matthew White dan Pemain Danur (Instagram/@official.mattwhite)

Matthew White meninggal dunia dan diketahui sudah lama menderita diabetes.

Suara.com - Pemeran Hendrick dalam film Danur, Matthew White meninggal dunia pada Minggu (23/1/2021). Kabar duka meninggalnya Matthew White di usia 12 tahun ini disampaikan oleh Prilly Latuconsina.

Dilansir dari video YouTube Adenraja, Matthew White diketahui mengidap penyakit diabetes yang diturunkan dari sang ayah.

Karena itu, Matthew White telah mencoba mengatur pola makannya sejak dini. Sampai akhirnya, Matthew White meninggal dunia lantaran kondisinya menurun.

"Memang sudah ada penyakit lama, ada lah (sakitnya) Sabtu drop," tutur Oky kepada awak media, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Selain Whole Genome Sequencing, Ini Cara Lain untuk Deteksi Virus Corona Varian Omicron

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak. Diabetes adalah penyakit kronis ketika tubuh tidak bisa mengubah gula atau glukosa menjadi sumber energi.

Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Bila tak ditangani, gula darah yang tinggi bisa merusak jantung, pembuluh darah, ginjal, mata dan sistem saraf selama bertahun-tahun.

Profil dan biodata Matthew White aktor cilik yang meninggal dunia (Foto: Instagram)
Profil dan biodata Matthew White aktor cilik yang meninggal dunia (Foto: Instagram)

Kondisi ini juga bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Secara umum dilansir dari Hellosehat, ada dua jenis diabetes pada anak, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Setiap jenis diabetes pada anak ini disebabkan oleh faktor yang berbeda.

Diabetes tipe 1 sering terjadi akibat gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh anak menyerang pankreasnya sendiri sehingga fungsinya terganggu.

Ada pula faktor lain yang memicu diabetes tipe 1 pada anak termasuk genetik, keturunan atau memiliki orangtua yang menderita diabetes jenis ini, dan menderita penyakit infeksi serius.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Bisa Berakhir di Eropa, Begini Kata WHO

Diabates tipe 2 terjadi karena resistensi insulin, yang mana tubuh kesulitan menggunakan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi.

Adapun penyebab diabetes tipe 2 lainnya termasuk riwayat keluarga yang menderita diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, anak lahir prematur, gaya hidup yang buruk dan lahir dari ibu dengan diabetes gestasional.

Gejala Diabetes pada Anak

Gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 sekilas sulit dibedakan. Tapi, beginilah gejala diabetes pada anak secara umum.

  1. Nafsu makan yang meningkat
  2. Rasa haus yang meningkat dan sering buang air kecil
  3. Terlihat lelah
  4. Penglihatan buram
  5. Mulut kering
  6. Area kulit tertentu yang menghitam
  7. Berat badan anak menurun
  8. Luka yang susah sembuh
  9. Kulit gatal dan kering
  10. Kaki sering kesemutan

Anak dengan diabetes sering kali mengalami penurunan berat badan, karena tidak memiliki pasokan energi dari gula. Kondisi ini membuat jaringan otot dan simpanan lemak menyusut.

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Tapi, gaya hidup yang sehat dan tetap normal seperti anak lainnya bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar