facebook

5 Cara Menurunkan Demam pada Anak

Yasinta Rahmawati
5 Cara Menurunkan Demam pada Anak
Ilustrasi gambar (freepik)

Anak demam tentunya membuat khawatir orang tua. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menurunkan demam pada anak. Jika demam belum turun, segera bawa ke dokter.

Suara.com - Demam dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terutama jika demamnya tinggi atau anak yang demam. Bicara mengenai anak demam, penting untuk mengetahui cara menurunkan demam pada anak. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

Diketahui, demam dikenal juga sebagai pireksia atau peningkatan suhu tubuh, yang seringkali karena suatu penyakit. Mengalami demam merupakan tanda bahwa ada sesuatu di dalam tubuh yang tidak normal. 

Demam dapat membantu mempertahankan tubuh dari kuman yang menyebabkannya berbahaya, termasuk pilek dan flu. Dengan menaikkan suhu tubuh, kuman ini kurang mampu bertahan hidup. Demam juga dapat disebabkan oleh penyakit inflamasi, kanker, atau reaksi terhadap obat atau vaksin tertentu. 

Cara Menurunkan Demam pada Anak

Baca Juga: Belasan Bocah di Satu RW Kota Surabaya Terserang Demam Berdarah

Jika demam terjadi pada anak, ada empat cara menurunkan demam pada anak yang dapat Anda lakukan. Melansir dari Heatlhline, Senin (17/1/2022), adapun caranya yaitu sebagai berikut:

1. Asetaminofen

Jika anak Anda berusia lebih dari 3 bulan, Anda dapat menawarkan mereka sejumlah asetaminofen (Tylenol) anak-anak yang aman. Biasanya dosis yang diberikan berdasarkan berat badan. 

Jika bayi Anda tidak merasa tidak nyaman atau rewel karena demamnya, Anda mungkin tidak perlu memberinya obat apa pun. 

2. Sesuaikan pakaian mereka

Baca Juga: Kronologi Murid SD Meninggal Usai Divaksin, Bogor Diterjang Hujan Badai dan Oknum ASN Pukul Honorer Viral

Pastikan anak Anda menggunakan pakaian yang ringan dan gunakan hanya seprei atau selimut tipis agar mereka tetap nyaman dan sejuk.

Mengenakan pakaian yang berlebihan pada anak dapat mengganggu metode pendinginan alami tubuh mereka.

4. Beri mereka mandi air hangat

Cobalah menyeka tubuh anak dengan air hangat. Pastikan suhu air terasa hangat, (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Pastikan juga untuk selalu mengawasi dan memastikan air dalam kondisi hangat yang stabil.

Hindari mandi dengan air dingin karena bisa menyebabkan menggigil, sehingga dapat meningkatkan suhu anak. Setelah itu, keringkan segera setelah mandi dan kenakan pakaian yang ringan.

Perlu diingat, mandi alkohol atau tisu untuk menurunkan demam tidak dianjurkan dan bisa berbahaya.

5. Tawarkan cairan

Dehidrasi adalah kemungkinan komplikasi demam pada bayi atau balita. Tawarkan cairan biasa (ASI atau susu formula) dan pastikan anak Anda mengeluarkan air mata saat menangis, mulut lembab, dan popok basah biasa.

Nah, demikian informasi mengenai 5 cara menurunkan demam pada anak. Jika demam tidak kunjung turun, Anda dapat menghubungi dokter kembali dan mendiskusikan agar demam anak lekas turun.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar