Hari Kanker Sedunia: Penurunan Berat Badan Bisa Kurangi Risiko Idap Kanker Kolorektal

Risna Halidi, Aflaha Rizal Bahtiar

Senin, 07 Februari 2022 | 14:14 WIB
Hari Kanker Sedunia: Penurunan Berat Badan Bisa Kurangi Risiko Idap Kanker Kolorektal
Ilustrasi timbangan berat badan (pexels)

Suara.com - Sebuah studi dari JNCI Cancer Spectrum, yang terbit di Oxford University Press menunjukkan bahwa penurunan berat badan pada orang dengan obesitas dapat mengurangi kemungkinan penyakit adenoma kolorektal.

Penyakit tersebut merupakan sejenis pertumbuhan jinak atau polip di usus besar yang dapat menyebabkan kanker kolorektal.

Kanker kolorektal adalah jenis kanker ketiga paling umum, yang juga menyebabkan kematian ketiga tertinggi akibat pada pasien kanker di Amerika Serikat.

Selama 30 tahun terakhir, pandemi obesitas meningkat di seluruh dunia, yang mengarah pada peningkatan pengembangan penyakit kronis termasuk kanker kolorektal.

Namun, mengapa penurunan berat badan dapat mengurangi adenoma kolorektal masih menjadi pertanyaan. Pasalnya, sebagian penelitian hanya menyelidiki risiko adenoma kolorektal, yang ada kaitannya dengan obesitas atau indeks massa tubuh.

Dalam studi tersebut, peneliti mulai menilai perubahan berat badan, termasuk penambahan berat badan selama tiga periode yang digunakan lewat data percobaan skrining kanker prostat, paru, kolorektal, dan ovarium.

Percobaan ini melibatkan 154.942 laki-laki dan perempuan di Amerika Serikat, dengan usia 55 hingga 74 tahun dari tahun 1993 sampai 2001.

Survei ini untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan skrining, yang berbeda dalam mencegah kematian akibat berbagai kanker.

Sebagaimana yang dikutip dari Times of India, studi ini menggunakan data dari peserta dalam kelompok skrining percobaan, yang menerima tes skrining kanker kolorektal pada awal dan tiga atau lima tahun kemudian.

baca juga

Para peneliti menemukan, dibandingkan dengan berat badan yang stabil, penurunan berat badan di masa dewasa memiliki penurunan risiko adenoma kolorektal sebesar 46 persen. Hal ini berlaku bagi orang dewasa yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas.

Laporan mengungkap, penambahan berat badan di masa dewasa juga dikaitkan dengan peningkatan adenoma, terutama untuk penambah berat badan yang lebih dari 6,6 pon selama 5 tahun.

Temuan tentang penurunan berat badan tersebut, lebih kuat pada laki-laki dibanding perempuan. Para peneliti percaya, temuan tersebut menunjukkan betapa pentingnya pemeliharaan berat badan yang sehat sepanjang masa dewasa, demi mencegah adenoma kolorektal.

"Temuan kami menunjukkan, bahwa menghindari penambahan berat badan di masa dewasa dapat membantu menurunkan kemungkinan seseorang mengembangkan kanker kolorektal," ungkap Kathryn Hughes, penulis studi.

"Berdasarkan temuan kami, kami tidak akan merekomendasikan penurunan berat badan untuk semua orang dewasa. Tetapi, hasilnya menunjukkan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, bisa mengambil manfaat dari program penurunan berat badan," tutupnya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Sejumlah Infeksi Virus Dapat Menyebabkan Kanker, Salah Satunya Hepatitis B dan C

Sejumlah Infeksi Virus Dapat Menyebabkan Kanker, Salah Satunya Hepatitis B dan C

Health | Senin, 07 Februari 2022 | 11:47 WIB

Transisi Menuju Kendaraan Listrik Diperkirakan Pangkas 73.000 Pekerjaan di Italia

Transisi Menuju Kendaraan Listrik Diperkirakan Pangkas 73.000 Pekerjaan di Italia

Otomotif | Senin, 07 Februari 2022 | 11:19 WIB

Hari Kanker Sedunia: Kenali 7 Buah Sumber Gula yang Baik untuk Pasien Kanker

Hari Kanker Sedunia: Kenali 7 Buah Sumber Gula yang Baik untuk Pasien Kanker

Health | Senin, 07 Februari 2022 | 09:16 WIB

Terkini

Bareskrim Tetapkan Enam Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akta PT Alam Raya Abadi, Satu Masuk DPO

Bareskrim Tetapkan Enam Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akta PT Alam Raya Abadi, Satu Masuk DPO

Jakarta | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:28 WIB

Gedung Koperasi Desa Merah Putih di Gunung Akan Ditertibkan

Gedung Koperasi Desa Merah Putih di Gunung Akan Ditertibkan

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:27 WIB

Kabut Asap Karhutla: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Menghirupnya?

Kabut Asap Karhutla: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Menghirupnya?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:26 WIB

3 Rekomendasi Face Oil Ampuh Pudarkan Flek Hitam, Ada yang Cuma Rp20 Ribuan

3 Rekomendasi Face Oil Ampuh Pudarkan Flek Hitam, Ada yang Cuma Rp20 Ribuan

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:25 WIB

Dari Nasi Goreng Kecombrang Hingga Americano Peach, Kuliner Berkelas Hadir di Beanfinity

Dari Nasi Goreng Kecombrang Hingga Americano Peach, Kuliner Berkelas Hadir di Beanfinity

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:23 WIB

Ekonom CORE Apresiasi Pemerintah Berkomitmen Jaga Defisit di bawah 3 Persen

Ekonom CORE Apresiasi Pemerintah Berkomitmen Jaga Defisit di bawah 3 Persen

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:21 WIB

FIAD Kritik Keras Pidato Kenegaraan Prabowo, Dinilai Hanya Simbol Populisme

FIAD Kritik Keras Pidato Kenegaraan Prabowo, Dinilai Hanya Simbol Populisme

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:21 WIB

Demo Tolak LGBTQ di Kota Bogor

Demo Tolak LGBTQ di Kota Bogor

Foto | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:19 WIB

5 Rekomendasi Kombinasi Ombre Lipstik Hanasui yang Tahan Lama dan Bikin Bibir Segar

5 Rekomendasi Kombinasi Ombre Lipstik Hanasui yang Tahan Lama dan Bikin Bibir Segar

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:18 WIB

Demo Tolak LGBTQ di Bogor

Demo Tolak LGBTQ di Bogor

Foto | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:17 WIB

×