Selain Menurunkan Berat Badan, 5 Olahraga Ini Sangat Bagus untuk Kesehatan Jantung

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Selain Menurunkan Berat Badan, 5 Olahraga Ini Sangat Bagus untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi olahraga (pexels)

Dari berjalan hingga yoga, inilah olahraga yang sangat bagus untuk jantung!

Suara.com - Berolahraga lebih dari sekarang membakar kalori maupun menurunkan berat badan. Aktivitas yang seharusnya dilakukan secara rutin ini juga bisa menjaga setiap organ di dalam tubuh, terutama jantung.

"Olahraga dapat membantu mengendalikan faktor risiko kardiovaskular seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas," jelas ahli jantung Lance LaMotte dari American College of Cardiology.

Meski segala bentuk olahraga dapat menyehatkan, tetapi ada beberapa latihan yang berfokus pada penguatan kondisi jantung secara khusus. Apa saja?

1. Latihan interval

Baca Juga: CEK FAKTA: Sempat Sakit Maag, Ivan Gunawan Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Benarkah?

Aturan praktis dari olahraga ini adalah menjaga agar latihan tetap pendek dan intens dilakukan berulang-ulang , diikuti periode istirahat dengan durasi sama atau lebih pendek di antara gerakan.

Latihan interval adalah pilihan yang baik ketika Anda kekurangan waktu dan tetapi ingin berkeringat. Contohnya senam aerobik dengan total latihan 15 menit.

Ilustrasi olahraga angkat beban. (Pexels)
Ilustrasi olahraga angkat beban. (Pexels)

2. Angkat beban

Angkat besi merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan detak dan meningkatkan kekuatan jantung.

Satu studi menemukan bahwa mengangkat beban dapat mengurangi risiko stroke atau serangan jantung sekitar 40% hingga 70%.

Baca Juga: Hati-hati! Makan Buah Ini Bisa Sebabkan Gangguan Detak Jantung

3. Berjalan

Berjalan sama bermanfaatnya dengan berlari, tetapi lebih ringan pada tubuh. Ini mudah dilakukan di mana saja dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat ketika mempercepat langkah.

"Berjalan adalah latihan intensitas rendah yang terbukti bermanfaat bagi jantung, terutama saat berjalan dengan langkah cepat dan mengayunkan lengan," kata ahli jantung Suzanne Steinbaum.

4. Yoga

Yoga dikenal dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, serta membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Latihan ini juga dapat dilakukan di mana saja.

5. Renang

Berenang merupakan latihan seluruh tubuh berdampak baik pada persendian, tetapi juga memberikan beberapa 'pukulan' kardio.

Latihan ini membuat paru-paru dan jantung kuat dan, bahkan, membantu menurunkan tekanan darah. Berenang menjadi pilihan aerobik yang bagus jika Anda baru pulih dari cedera.