facebook

Lesi Otak Seperti Dialami Ruben Onsu, Apakah Penyakit Ini Bisa Disembuhkan?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Lesi Otak Seperti Dialami Ruben Onsu, Apakah Penyakit Ini Bisa Disembuhkan?
Tangis Ruben Onsu ceritakan kondisinya yang sakit [YouTube: Trans TV]

Kabar terbaru seputar kesehatan diberikan oleh Ruben Onsu, yang menyebut terdapat bintik hitam dalam hasil pemindaian otak alias MRI yang dilakukannya.

Suara.com - Kabar terbaru seputar kesehatan diberikan oleh Ruben Onsu, yang menyebut terdapat bintik hitam dalam hasil pemindaian otak alias MRI yang dilakukannya.

Bintik hitam yang diduga merupakan lesi otak ini membuat Ruben Onsu membutuhkan lebih banyak darah, sehingga harus menerima donor.

"Sebelumnya aku ada MRI (pemeriksaan scan otak) emang ada beberapa yang harus ditelaah lebih jauh. Ada bintik-bintik di bagian otak yang katanya otak kalau sama darah serakah. Kalau masuk darah, nyerapnya lebih banyak. Jadi kalah sama yang ada di tubuh. Jadi lebih banyak keserap di otak," ungkap Ruben di acara Brownis pada Senin (27/6/2022).

Adapun lesi otak adalah salah satu tanda kerusakan otak yang bisa terjadi di bagian otak manapun. Lesi bisa muncul karena penyakit, trauma atau cacat lahir.

Baca Juga: Bintik Hitam di Otak Bikin Ruben Onsu Kekurangan Darah, Gara-gara Penyakit Apa Ya?

Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)
Ilustrasi otak manusia (Elements Envato)

Lantas, pertanyaan bisakah lesi otak disembuhkan?

Mengutip WebMD, Selasa (28/6/2022) pengobatan dan perawatan lesi otak bergantung pada jenis lesi otak yang menyerangnya. Pengobatan lesi otak umumnya ditujukan untuk penyembuhan, meredakan gejala, atau meningkatkan kualitas hidup maupun membuat penderita hidup lebih lama.

Berikut ini berbagai pengobatan lesi otak yang perlu diketahui:

1. Wait and see

Setelah menjalani pemindaian di MRI, orang dengan lesi otak diminta menunggu, apakah setelah terdeteksi menimbulkan gejala atau berkembang lebih jauh. Jika lesi membesar, umumnya diperlukan pemeriksaan berkala.

Baca Juga: Gemas! Dua Kakek Duduk Lesehan di Depan Toko sambil Mainkan Permainan Tradisional

2. Operasi pengangkatan lesi otak

Komentar