Disebut Terlalu Cantik, Perempuan Ini Jadi Susah Dapat Pekerjaan

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Disebut Terlalu Cantik, Perempuan Ini Jadi Susah Dapat Pekerjaan
Irina Kova ungkap sulit mendapat pekerjaan karena disebut terlalu cantik. (Instagram/ Irina Kova)

Kok bisa gara-gara terlalu cantik, perempuan ini susah dapat pekerjaan?

Suara.com - Disebut Terlalu Cantik, Perempuan Ini Jadi Susah Dapet Pekerjaan.

Seorang perempuan asal Rusia berusia 33 tahun, memutuskan untuk membuka usaha sendiri setelah berjuang mencari pekerjaan, tapi kerap ditolak karena dianggap terlalu cantik.

Ia adalah Irina Kova, lulusan sekolah hukum yang kini menjual pakaian bergaya vintage secara online.

Irina mengklaim bahwa kecantikannya membuatnya kesulitan mendapatkan pekerjaan di London meski memiliki gelar sarjana hukum dan CV yang mengesankan.

"Bahkan selama proses perekrutan, kecantikan menghalangi saya. Saya memiliki gelar sarjana hukum dan CV yang bagus, tetapi agen rekrutmen masih menyuruh saya untuk mewarnai rambut pirang saya menjadi gelap untuk wawancara," kata Irina Kova kepada tabloid Inggris, The Sun, yang seperti yang Suara.com lansir di Oddity Central.

Ketika mewarnai rambutnya menjadi gelap, Irina mengaku mendapatkan tawaran kerja yang banyak. "Saya bahkan mulai memakai kacamata bening, meskipun penglihatan saya sempurna, agar terlihat lebih profesional," katanya lagi.

Mantan bosnya juga pernah menyuruh Iriana tidak tampil menonjol dan menjadi lebih rendah hati. Namun Irina mengaku sudah tampil apa adanya.

"Saya juga jarang memakai makeup. Ketika Anda memiliki bibir dan mata yang besar, Anda tetap menarik banyak perhatian. Dia (mantan bosnya, red) pada dasarnya menyiratkan bahwa saya terlalu glamor untuk bisa bergaul, jadi saya akhirnya pergi," ungkapnya.

Irina yang kini menjadi pengusaha muda juga mengatakan bahwa laki-laki tidak pernah benar-benar ingin mempekerjakannya lantaran tidak ingin terganggu di tempat kerja. Mereka, sambung dia, lebih suka mempekerjakan perempuan yang tidak akan menghalangi pekerjaannya.

"Juga, beberapa laki-laki yang sudah menikah tidak ingin istri ke tempat kerjanya dan melihat seorang gadis lajang yang seksi duduk di sebelah mereka," tutup Iriana mengungkap alasannya buka usaha lantaran sulit mendapat pekerjaan karena dianggap terlalu cantik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS