Punya Alergi Kacang, Pria Ini Dilarang Naik Pesawat

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Punya Alergi Kacang, Pria Ini Dilarang Naik Pesawat
Ilustrasi camilan kacang di pesawat (shutterstock)

Kondisinya disebut melanggar kebijakan maskapai yang bersangkutan.

Suara.com - Dari sekian banyak makanan di pesawat terbang, kacang merupakan salah satu camilan yang kerap disajikan. Nyaris semua maskapai pasti pernah menyajikan kacang di penerbangan mereka.

Hal ini tentunya menjadi masalah bagi mereka yang punya alergi kacang parah. Pasalnya, alergi kacang diketahui dapat menimbulkan sesak napas hingga kematian.

Inilah yang terjadi pada Josh Silver, 25, saat hendak pulang liburan dari Turki ke Inggris.

Khawatir jika alergi kacangnya kambuh, Josh Silver pun memberitahu awak pesawat Turkish Airlines bahwa dia punya alergi kacang parah.

Namun, bukannya dipahami, Josh Silver mengaku jika dirinya malah dipaksa turun oleh 4 orang polisi karena dianggap "menentang kebijakan maskapai" seperti dilansir dari Business Insider.

Obat untuk atasi alergi kacang siap dijual tahun depan. (Shutterstock)
Alergi kacang. (Shutterstock)

Tentu saja, penumpang ini awalnya menolak dan berkata jika sebelumnya dia sudah menginformasikan kepada maskapai seputar alerginya.

Sial baginya, Josh Silver malah dibawa ke meja Turkish Airlines. Di sana, pihak maskapai menyebutkan jika dia boleh ikut penerbangan selanjutnya namun harus mengeluarkan uang untuk tiket baru.

"Kalau saja mereka memberitahuku sebelum meninggalkan Inggris (ke Turki) mungkin aku akan paham. Tapi mereka membiarkanku pergi ke Turki, mengetahui alergiku, kemudian tidak membolehkanku pulang," jelas Josh Silver.

Ditambah lagi, alergi Josh Silver sebenarnya tidak akan terpicu asalkan dia tak mengomsumsi kacang. Lelaki ini juga sudah menjelaskan ke pihak maskapai kalau dia membawa obat alerginya.

"Mereka bilang itu bukan masalah dan bahkan menawarkan untuk membuat catatan di sistem mereka, jadi kupikir aku berada di tangan yang benar," tambah Josh.

Sayang, bukannya sesuai harapan, Josh Silver malah dipaksa turun oleh pramugari yang berkata, "Penerbangan ini tidak bisa membawamu pulang".

Ilustrasi penumpang pesawat tertinggal (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi penumpang pesawat diminta turun (Pixabay/Free-Photos)

"Aku terus memberitahu awak kabin jika alergiku tidak akan terpicu lewat udara dan aku akan baik-baik saja tanpa makanan atau minuman di pesawat, tapi mereka tidak mau menerimanya," tambah Josh Silver.

Akibat insiden ini, Josh Silver yang saat itu tengah liburan dengan pacarnya pun mengaku jika dia memilih untuk memesan tiket maskapai lain dan tidak mengungkit-ungkit soal alerginya lagi.

Diketahui, laman website Turkish Airlines memang meminta penumpang untuk menyebutkan alergi yang mereka miliki.

Namun, di sana tidak disebutkan bagaimana pihak maskapai akan memperlakukan penumpang yang memiliki alergi.

"Aku terkejut dengan diskriminasi yang kualami hanya karena aku punya kondisi medis, dan yang tidak kupahami adalah kenapa pesawat tidak melarang semua produk kacang saja?" tutup Josh Silver.

Josh Silver sendiri diketahui sudah mengirimkan keluhan ke Turkish Airlines, namun belum mendapat tanggapan hingga kini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS