Curi Perhatian, Yuni Shara Pakai Busana dari Bahan Alami Kunyit di Belgia

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Curi Perhatian, Yuni Shara Pakai Busana dari Bahan Alami Kunyit di Belgia
Yuni Shara ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (26/9). Yuni memberikan pujian kepada Raffi yang bisa mendapatkan perempuan cantik. [suara.com/Yazir Farouk]

Pakaian yang digunakan Yuni Shara ramah lingkungan.

Suara.com - Belum lama ini, penyanyi Yuni Shara diketahui tengah berlibur ke kota Antwerp, Belgia. Tak cuma liburan, di sana Yuni Shara turut menghadiri Eco Fashion Week Indonesia (EFWI).

Selama liburan, Yuni Shara tampak memakai busana rancangan desainer Merdi Sihombing. Penampilan penyanyi berusia 47 tahun itu pun sukses menarik atensi.

Pasalnya, busana yang digunakan oleh Yuni Shara tersebut diketahui terbuat dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Hal ini dapat terlihat dari caption akun Instagram miliknya.

"Memakai Baju Shifon & Ulos Silahi yang terbuat dari bahan alami kunyit, jeruk nipis & daun ketapang karya dari @merdi.co," tulis Yuni Shara.

Bagi Anda yang belum tahu, kunyit, jeruk nipis, dan daun ketapang memang dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami pada pakaian.

Kunyit dapat digunakan untuk memberi warna kuning atau jingga, sementara daun ketapang akan menghasilkan warna hitam atau warna tinta.

Yuni Shara Liburan ke Antwerp, Belgia (instagram.com/yunishara36)
Yuni Shara Liburan ke Antwerp, Belgia (instagram.com/yunishara36)

Selain baju yang terbuat dari kunyit dan daun ketapang, coat yang dipakai Yuni Shara juga turut menarik perhatian.

Pasalnya, coat tersebut terbuat dari bahan dasar teripang atau ketimun laut.

Ya, bukan cuma memiliki aneka manfaat kesehatan, teripang ternyata juga bisa digunakan untuk memberi warna hitam pada pakaian.

Hal ini ditegaskan oleh unggahan pada akun @merdi.co yang menyebutkan jika teripang atau ketimun laut merupakan salah satu pewarna alami yang dapat diperoleh dari Laut Alor.

Yuni Shara Liburan ke Antwerp, Belgia (instagram.com/yunishara36)
Yuni Shara Liburan ke Antwerp, Belgia (instagram.com/yunishara36)

Di sana, dijelaskan pula bahwa bahan-bahan alami ini dipilih untuk mewarnai pakaian karena industri fashion merupakan salah satu penghasil limbah terbesar di dunia.

"Pewarnaan alam menjadi salah satu pintu mengurangi dampak global warming dari industri fashion. Di Indonesia sejak dahulu kain tenun sudah menggunakan pewarnaan alam," tulis akun @merdi.co.

Selain busana berbahan kunyit, daun ketapang, dan teripang, warna-warna alam lainnya juga dapat diperoleh dari akar mengkudu, manggis, jarak merah, kerangkong, indigofera, hingga cumi-cumi.

Melihat penampilan Yuni Shara dengan busana berbahan ramah lingkungan ini, warganet pun ramai meninggalkan komentar positif.

"Keren banget bajunya bahannya daun ketapang dg warna bahan kunyit... kuningnya nggemesin apalagi dipake mb yuni makin cetarr," tulis warganet.

"Naturally beautiful... both the dress and the model," tambah yang lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS