Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kunjungi Ekowisata Usai Pandemi Berakhir

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kunjungi Ekowisata Usai Pandemi Berakhir
Tangkahan Sumatera Utara. (Dok : Shutterstock).

Tentunya, pengalamanmu akan lebih keren dan berkesan bila kamu lakukan di habitat aslinya dengan berwisata ke Ekowisata Tangkahan.

Suara.com - Siapa yang tidak rindu dengan liburan selama masa pandemi ini? Bila pandemi sudah berakhir namun kamu masih belum yakin untuk berkumpul dan bertemu dengan banyak orang, mungkin wisata dan interaksi bersama binatang bisa menjadi alternatifnya. Tentunya, pengalamanmu akan lebih keren dan berkesan bila kamu lakukan di habitat aslinya dengan berwisata ke Ekowisata Tangkahan.

Sebagai salah satu destinasi eco tourism yang populer bagi para wisatawan yang berlibur #DiIndonesiaAja, Tangkahan merupakan salah satu destinasi yang harus masuk ke dalam wishlist liburanmu setelah pandemi selesai. Berikut ini kami telah rangkum 4 alasan untuk berkunjung ke kawasan Ekowisata Tangkahan apabila pandemi telah berakhir:

1. Belajar tentang konservasi dan berinteraksi langsung dengan gajah

Ekowisata Tangkahan, Sumatera Utara. (Dok : Indonesia Travel).
Ekowisata Tangkahan, Sumatera Utara. (Dok : Indonesia Travel).

Di destinasi ini, kamu akan diajak untuk berwisata sekaligus belajar bersama dengan masyarakat setempat. Karena fokus destinasi ekowisata ini adalah untuk mengenalkan wisatawan dengan cara perlindungan hutan dan satwa liar yang terancam punah seperti gajah dan harimau, maka kamu bisa belajar dan berinteraksi langsung dengan gajah melalui berbagai aktivitas. Bila kamu mengunjungi destinasi ini, kamu akan dibawa dengan rakit untuk menyusuri sungai dan bermain bersama gajah di kamp gajah yang menyediakan ragam aktifitas seperti memberi makan hingga memandikan gajah. Jadi, jangan lupa membawa baju ganti dan siap-siap bermain air bersama para gajah bila nanti kamu berkunjung ke destinasi ini ya.

Baca Juga: Whisnutama Akan Rombak Anggaran Kemenpar untuk Lawan Corona

2. Nikmati trekking di tengah hutan

Bila kamu memiliki waktu lebih, kamu bisa menikmati dan mempelajari kekayaan ekosistem di kawasan ekowisata Tangkahan ini bersama pemandu wisata yang didominasi masyarakat sekitar. Siap-siap untuk terkesima dengan keindahan hutan tropis Sumatra yang eksotis dan jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata. Sebisa mungkin, jangan tinggalkan sampah apapun dan usahakan untuk tidak mengusik fauna yang berada di habitat aslinya apabila kamu secara tidak sengaja berkesempatan bertemu dengan satwa-satwa yang tinggal di kawasan ini.

3. Bersantai dengan air panas alami dan air terjunnya

Bila kamu sudah lelah dengan aktivitas dan perjalanan jauh, kamu tidak perlu takut karena kamu bisa bersantai sejenak dengan menikmati air terjun yang unik di sekitar kawasan Ekowisata Tangkahan ini. Dengan kondisi alam yang rimbun, hawa dingin di kawasan Tangkahan ini sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kamu bisa menikmati nikmatnya mandi air terjun hangat karena adanya sumber mata air panas di atas tebing yang bercampur dengan air terjun. Biasanya, tidak sedikit wisatawan yang menikmati hangat dan derasnya air terjun untuk menghilangkan rasa lelah setelah menelusuri daerah ini. Unik bukan?

4. Mendukung pengelola dan masyarakat sekitar untuk mencegah penebangan liar

Baca Juga: Kemenpar Kembangkan Desa Wisata, Ini 5 Desa yang Patut Dikunjungi

Jembatan Buluh Ekowisata Tangkahan, Sumatera Utara. (Dok : Shutterstock).
Jembatan Buluh Ekowisata Tangkahan, Sumatera Utara. (Dok : Shutterstock).

Selain bersantai dan menikmati keindahan alam serta ekosistem di Ekowisata Tangkahan, kamu juga secara tidak langsung akan berkontribusi untuk membantu pengelola dan masyarakat sekitar untuk mencegah adanya penebangan liar. Kawasana Ekowisata Tangkahan ini merupakan salah satu contoh sukses dari masyarakat Indonesia yang berhasil mengubah daerah rawan penebangan liar menjadi sebuah kawasan wisata ramah lingkungan yang unik dan tetap ramah bagi ekosistem di dalamnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS