facebook

Tanpa Repot, Begini Cara Membuat Tie Dye Sendiri di Rumah!

Risna Halidi
Tanpa Repot, Begini Cara Membuat Tie Dye Sendiri di Rumah!
Ilustrasi tie dye (Dok. Envato)

Tie dye sendiri merupakan teknik ikat celup untuk mewarnai kain.

Suara.com - Tie dye merupakan tren fesyen yang tak lekang oleh waktu dan sangat digemari masyarakat terutama generasi muda. Tie dye sendiri merupakan teknik ikat celup untuk mewarnai kain.

Coraknya yang estetik membuat banyak masyarakat membuat baju dengan menggunakan teknik ini. Selain itu teknik tie dye sangat mudah untuk dilakukan bahkan dapat dibuat sendiri di rumah.

Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, kegiatan tie dye ini juga bisa berguna untuk melatih kreativitas. Berikut cara-cara membuat tie dye yang dapat dilakukan di rumah seperti yang telah Suara.com kutip di Instructables berikut ini!

1. Siapkan kaos yang akan digunakan

Baca Juga: Tren Fesyen Pria Inggris Saat Lockdown, Seperti Apa?

Ilustrasi kaus. (Unsplash/Jesung L)
Ilustrasi. (Unsplash/Jesung L)

Kaos yang paling cocok yaitu menggunakan bahan katun. Hal itu karena katun dapat menyerap warna dengan baik. Selain itu, katun juga minim luntur sehingga warna menjadi awet dan lebih tahan lama.

2. Siapkan pewarna sesuai dengan pilihan
Pewarna yang cocok untuk tie dye yaitu pewarna tekstil. Selain pewarna kita juga harus melengkapi bubuk urea dan abu soda untuk campuran agar warna lebih melekat pada kaos. Untuk pewarnaan kita bisa menyiapkan pilihan warna sesuai selera. Kita bisa memilih satu jenis warna yang senada (monokrom) atau membuatnya warna-warni.

3. Siapkan alat-alat yang akan digunakan
Dalam proses pembuatan kita harus menyiapan alat-alat untuk membuat tie dye. Alat alat tersebut antara lain karet dan kelereng untuk membuat pola/corak pada kaos. Selain menggunakan kelereng, kita bisa menggunakan batu sebagai alternatif.

Kita juga membutuhkan sarung tangan untuk untuk mengindari paparan pewarna menempel pada tangan. Selain itu kita juga harus menyiapkan wadah untuk pewarna yang akan kota gunakan. Kain lap juga berguna untuk menjaga lantai dari tumpahan pewarna.

4. Rendam kaos dengan air hangat dan abu soda
Untuk memungkinkan pewarna merekat dengan kaos, kita perlu merendamnya dalam larutan air hangat dan soda abu selama sekitar 10 menit. Jangan gunakan air yang terlalu panas. Selain itu arena abu soda sedikit membakar, kita harus mengenakan sarung tangan karet agar tangan tidak terbakar.

Baca Juga: Tren Fesyen New Normal, Sepatu Super Panjang hingga Topi Super Lebar

5. Buat pola pada kaos

Komentar