alexametrics

10 Fakta Unik Tentang Menara Pisa, Nggak Sekadar Miring Loh!

M. Reza Sulaiman
10 Fakta Unik Tentang Menara Pisa, Nggak Sekadar Miring Loh!
Menara Pisa di Italia. (Dok. Envato)

Menara Pisa menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, karena kemiringannya tak membuat bangunan jatuh. Ternyata, keunikan Menara Pisa bukan sekadar kemiringannya.

Suara.com - Menara Pisa menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, karena kemiringannya tak membuat bangunan jatuh.

Menara setinggi 57 meter yang terletak dialun-alun Piazza dei Miracol ini, rupanya memiliki berbagai fakta unik di dalamnya.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik mengenai Menara Pisa, dilansir Bella Italia Tour:

1. Bagian dari komplek

Baca Juga: 6 Fakta Unik Kue Keranjang, Pembawa Kesejahteraan yang Dibuat dalam 12 Jam

Menara Pisa sekarang diketahui jika ia berdiri sendiri. Namun, pada pembuatanya, bangunan yang satu ini dimaksudkan ke dalam komplek arsitektus yang ada di sekelilingnya. Bangunan miring satu ini mewakili menara lonceng Katedral marmer Santa Maria Assunta di dekatnya.

Namun, karena bentuknya yang menjadi miring, menara ini terlihat dibuat sendiri tanpa menyatu dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.

2. Situs warisan dunia

Komplek Menara Pisa ini menjadi milik UNESCO sejak 1987 dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia. Menara Pisa dan bangunan-bangunan di sekililingnya dikenal dengan nama Piazza del Duomo.

Keempat bangunan tersebut adalah contoh arsitektur abad pertengahan yang baik dan memengaruhi seni monumental Italia antara abad ke-11 dan ke-14.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Terkait Barongsai, Si Singa Lincah dari China Daratan

3. Hampir dua abad untuk membangunnya

Komentar