alexametrics

Memahami Kegiatan Ekonomi Serta Definisi dari Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Memahami Kegiatan Ekonomi Serta Definisi dari Produksi, Distribusi dan Konsumsi
Ilustrasi pasar tradisional di Bandung sebagai bagian dari kegiatan ekonomi [Antara]

Kegiatan ekonomi identik dengan kegiatan jual beli barang dan jasa.

Suara.com - Dalam pelajaran ekonomi ada yang disebut dengan kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi

Kegiatan ekonomi identik dengan kegiatan jual beli barang dan jasa. Sehingga ada orang yang menggunakan barang atau jasa tersebut, termasuk juga penyedia barang dan jasa tersebut disebut sebagai pelaku kegiatan ekonomi.

Ilustrasi wisata kuliner malam (Elements envato)
Ilustrasi kegiatan ekonomi (Elements envato)

Pengertian Kegiatan Ekonomi
Mengutip situs Sumber Belajar Kemdikbud, Kamis (2/12/2021) kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri. Tidak ada seorangpun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya.

Baca Juga: Distribusi Vaksin Covid-19 Dikawal Brimob Polda Banten

Bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia meliputi tiga kegiatan, yaitu: produksi, distribusi dan konsumsi.

Pengertian Produksi

Ilustrasi Petani Sedang Panen (pexels.com)
Ilustrasi Petani Sedang Panen (pexels.com)

Produksi adalah setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa.

Contohnya menanam padi (menghasilkan), mengambil ikan dari laut (menambah guna tempat), menjahit kain menjadi celana (menambah guna bentuk).

Sehingga produksi terdiri dari dua hal menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa serta Menambah guna barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Baca Juga: Jadi Sumber Energi, Ini Fungsi Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

Faktor Produksi

  • Faktor produksi alam, yaitu faktor produksi yang disediakan oleh alam, meliputi tanah, kekayaan hutan, kekayaan laut, air, iklim, dan lain-lain.   
  • Faktor produksi tenaga kerja, yaitu faktor produksi yang berupa tenaga kerja manusia.
  • Faktor produksi modal, yaitu semua hasil produksi berupa benda yang diciptakan untuk menghasilkan barang atau jasa yang lain.
  • Faktor produksi kewirausahaan, yaitu kemampuan seseorang untuk mengelola suatu usaha.

Pengertian Distribusi

Ilustrasi Pasar. (Pixabay)
Ilustrasi Pasar. (Pixabay)

Distribusi merupakan suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yang di buat dari produsen kepada konsumen.

Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Contoh kegiatan distribusi adalah pedagang sate menjual dagangannya di pasar.

Tujuan distribusi yaitu keberlangsungan hidup kegiatan produksi terjamin, narang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen, dan onsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah

Saluran Distribusi

  • Distribusi langsung: Distribusi barang/jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran barang langsung dari produsen kepada konsumen. Contoh pedagang bakso langsung menjual dagangan kepada konsumen.
  • Distribusi semi langsung: Sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contoh pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui conventer.
  • Distribusi tidak langsung: Sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, makelar, komisioner dan pedagang kecil yang bertindak sebagai perantara. Contoh PT Pertamina menyalurkan gas LPG melalui agen-agen gas LPG.

Pengertian Konsumsi

Ilustrasi belanja (pexels/Jack Sparrow).
Ilustrasi belanja (pexels/Jack Sparrow).

Konsumsi adalah kegiatan usaha manusia agar dapat memenuhi kebutuhan barang atau bahkan juga kebutuhan jasa. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan manusia untuk menggunakan baik barang maupun jasa secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan.

Orang yang menjalankan kegiatan konsumsi dikatakan sebagai konsumen. Misalnya membeli pakaian karena ingin menjaga tubuh, menjauhkan rasa malu, dan ingin memperoleh kepuasan.

Pelaku Kegiatan Konsumsi

1. Kegiatan Konsumsi Rumah Tangga
Contoh kegiatan konsumsi rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang berupa makanan, pakaian, alat sekolah, listrik dan lain sebagainya.

2. Kegiatan Konsumsi Perusahaan
Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh perusahaan merupakan kegiatan konsumsi yang ditujukan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Pada saat memproduksi barang perusahaan memerlukan bahan baku, tenaga kerja dan modal. Sehingga perusahaan tidak hanya melakukan kegiatan produksi tetapi juga melakukan kegiatan konsumsi.

3. Kegiatan Konsumsi Negara
Konsumsi negara bertujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakat. Contoh konsumsi yang dilakukan negara adalah membangun jalan, membangun sekolah, membayar gaji pegawai dan lain sebagainya.

Komentar