Dipepet Partai Gerindra, Dukungan Pemilih Muslim ke PDIP Menurun

Dwi Bowo Raharjo | Walda Marison
Dipepet Partai Gerindra, Dukungan Pemilih Muslim ke PDIP Menurun
PDIP luncurkan tagline dan atribut milenial. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

"PDIP masih paling banyak dipilih, namun jarak yang sangat tipis dengan Gerindra."

Suara.com - Penliti senior Lingkar Survei Indonesia (LSI) Rully Akbar mengatakan ada penurunan dukungan warga muslim kepada PDI Perjuangan di Pemilu 2019. Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA bulan Desember 2018 sebanyak 24,6 persen warga muslim memilih PDIP, kini turun menjadi 18,4 persen pada Januri 2019.

Akbar menyebut dukungan untuk PDIP dari warga muslim turun setelah aksi 212. Dari turunnya dukungan warga muslim ke PDIP, ternyata menguntungkan untuk Partai Gerindra.

"Berpengaruh di kalangan muslim dan memperkuat barisan Prabowo - Sandi. Waktu itu makanya ada kenaikan di Oktober sampai Januari," ujar Rully di Kantor LSI Denny JA, kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (20/2/2019).

Berdasarkan hasil survei yang di rilis LSI, jumlah pemilih muslim partai Gerindra naik dari 14,3 persen pada Desember 2018 dan kini Januari 2019 menjadi 16,6 persen.

Namun jumlah ini tidak mempengaruhi posisi PDIP yang tetap memuncaki pemilih muslim dengan prentasi terbanyak.

Perolehan suara yang didapati PDIP sebesar 18,4 persen. Kemudian disusul Gerindra 16,6 persen, Golkar 11,0 persen, PKB 9,3 persen, dan Demokrat 5,9 persen. Angka ini didapat dari 85 persen pemilih Indonesia.

"PDIP masih paling banyak dipilih, namun jarak yang sangat tipis dengan Gerindra," kata Rully.

Sebelumnya LSI merilis hasil survei elektabilitas 20 Parpol peserta Pemilu 2019 berdasarkan 6 kategori pemilih. Enam kategori itu diantaranya pemilih muslim, minoritas, milenial, wong cilik, emak-emak, dan kalangan terpelajar.

Survei dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan menggunakan 1.200 responden dan dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuisioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen.

Dari data yang dimilik Rully dari enam kategori, PDIP memimpin perolehan suara dengan populasi sebesar 23,7 persen. Sedangkan Gerindra menempati posisi kedua sebesar 14,6 persen.

Sedangkan Posisi ketiga Partai Golkar 11,3%, Posisi keempat diduduki Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8,2 persen dan Partai Demokrat sebesar 5,4 persen yang menempati posisi kelima.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS