India - Pakistan Saling Serang, Artis Bollywood Ramai-ramai Tolak Perang

Reza Gunadha
India - Pakistan Saling Serang, Artis Bollywood Ramai-ramai Tolak Perang
Mahira Khan dan Shah Rukh Khan. [India Times]

Tidak ada yang lebih buruk, tidak ada yang lebih bodoh daripada bersorak untuk perang. Pakistan zindabad, tulis Mahira Khan

Suara.com - India dan Pakistan, dua negara bertetangga, kembali bersitegang. Bahkan, militer keduanya sudah saling balas serangan sejak dua pekan terakhir. Banyak pihak menilai, India dan Pakistan berada di ambang peperangan terbuka.

Namun, artis-artis beken kedua negara berharap sebaliknya, yakni konflik terbaru itu bisa diselesaikan dalam meja perundingan secara damai.

Mahira Khan, aktris Pakistan yang sering menjadi lawan main aktor Bollywood Shah Rukh Khan, menentang peperangan dengan India.

”Tidak ada yang lebih buruk, tidak ada yang lebih bodoh daripada bersorak untuk perang. Pakistan zindabad,” tulis Mahira Khan melalui akun Twitternya yang dikutip India Times, Rabu (27/2/2019).

Aktris Pakistan lainnya Mawra Hocane, yang menjadi pemeran dalam film Bollywood Sanam Teri Kasam, menegaskan rasa kemanusiaan harus diutamakan ketimbang memilih berperang.

"Sudah saatnya kita memahami ini sebagai manusia. Media perlu mengambil alih dan berhenti menjadi provokator. Adalah tugas kita untuk menanamkan perdamaian. Berdoa untuk perdamaian selalu," tulisnya.

Aktor Fahad Mustafa juga mengharapkan perdamaian, "Perang tidak menentukan siapa yang benar ... Hanya siapa yang tersisa. Katakan tidak pada perang."

Namun, aktor Pakistan Hamza Ali Abbasi melontarkan pernyataan keras terhadap India. Ia menegaskan, militer India harus bertanggung jawab karena banyak pohon yang mati akibat dibom mereka.

“Mereka menjatuhkan bom ke pohon kami yang menjadi martir. Sekarang Pakistan harus membalas,” tulisnya.

Sedangkan aktris Pakistan Veena Malik sembari bercanda menyindir militer India yang menjatuhkan banyak bom sehingga pohon-pohon di negerinya tumbang.

”Namaku pohon, dan aku bukan teroris,” tulis Veena Malik.

Untuk diketahui, konflik terbaru ini bermula dari kelompok militan yang bermarkas di Pakistan melakukan aksi bom bunuh diri dan menewaskan 40 paramiliter India, dua pekan lalu.

Serangan tersebut terkonsentasi di daerah Kashmir, kawasan yang sejak lama dipertikaikan oleh India maupun Pakistan.

Sebagai balasan, jet tempur India mengebom satu kawasan di Pakistan yang diklaim mereka sebagai kamp pelatihan militan tersebut pada Selasa (26/2) pagi.

Pakistan lantas membalas dengan menembak jatuh satu jet tempur India dan menahan pilotnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS