SMRC: Quote Jokowi Singgung Lahan Prabowo di Debat Kedua Disukai Publik

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
SMRC: Quote Jokowi Singgung Lahan Prabowo di Debat Kedua Disukai Publik
CEO SMRC, Djayadi Hanan. (Suara.com/M Yasir)

"Jadi soal quote itu sama, disini pernyataan Prabowo yang mengklarifikasi itu disukai penonton sekitar 30 persen," imbuhnya.

Suara.com - CEO Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Cosulting (SMRC), Djayadi Hanan menyebut Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo unggul dari Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat beradu argumentasi dalan acara debat kedua Pilpres pada 17 Februari 2019 lalu.

Djayadi mengatakan berdasarkan hasil survei SMRC 24 Februari - 5 Maret 2019., 61 persen publik menilai Jokowi unggul dari Prabowo yang hanya memperoleh angka 28,9 persen. Sedangkan 9,4 persen tidak menjawab.

"Dari yang mengikuti debat, secara umum menilai bahwa Jokowi lebih baik dari Prabowo dalam debat kedua. Penilaian positif pada Jokowi cenderung naik dalam debat kedua dari debat pertama 57,9 persen menjadi 61, 6 persen," kata Djayadi di Kantor SMRC, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Djayadi menuturkan dari hasil survei diketahui bahwa pernyataan Jokowi di debat kedua Pilpres yang sempat menyingung soal kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan dan Aceh paling banyak disukai responden yang menonton debat.

"Quote Jokowi yang dinilai paling bagus di debat yaitu saat menyingung soal kepemilikan lahan Prabowo 220 hektare di Kalimantan dan 120 hektare di Aceh, angkanya itu sebesar 27 persen," ungkapnya.

Sementara itu, kata Djayadi penampilan Prabowo di debat kedua cenderung menurun ketimbang debat pertama. Pada debat pertama, Prabowo memperoleh 31,4 persen sedangkan di debat kedua hanya 28,9 persen.

Adapun, kata Djayadi dari hasil pernyataan Prabowo yang paling disukai penonton saat debat kedua yakni terkait klarifikasi Prabowo soal kepemilikan lahan di Aceh dan Kalimantan yang menurutnya merupakan hak guna usaha (HGU).

"Jadi soal quote itu sama, disini pernyataan Prabowo yang mengklarifikasi itu disukai penonton sekitar 30 persen," imbuhnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan SMCR pada 24 Februari - 5 Maret 2019 terhadap 2820 responden di 34 provinsi yang terdiri dari Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih di Pilpres 2019 dengan metode multistage random sampling. Response rate (atau responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2479 atau 88 persen. Sedangkan, margin of error dari survei ini sebesar 2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS