Ungguli Trump dan Putin, Jokowi Disebut Media Asing Pemimpin Terpopuler

Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Ungguli Trump dan Putin, Jokowi Disebut Media Asing Pemimpin Terpopuler
Grafik popularitas pemimpin dunia, April 2019 - (GZERO Media)

Prestasi Jokowi ini dianggap media asing sangat luar biasa.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan sebagai pemimpin terpopuler sedunia oleh media asing. Grafik yang ditampilkan bahkan menujukkan bahwa Jokowi menyalip popularitas Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Grafik tersebut dimuat dalam artikel GZERO Media berjudul "Graphic Truth: Indonesia's Mr Popular", Selasa (16/4/2019).

Dalam grafik itu, terdapat tujuh besar pemimpin negara yang ditampilkan, yakni Jokowi, Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi, Kanselir Jerman Angela Merkel, Donald Trump, Presiden Argentina Mauricio Macri, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Posisi paling bawah ditempati oleh Theresa May, dengan persentase di angka 22. Lalu di atasnya terdapat Emmanuel Macron, dengan penilaian sebesar 27 persen, dan Mauricio Macri, 30 persen.

Di atas ketiganya, yakni peringkat kelima, ada Donald Trump, yang memperoleh penilaian 47 persen. Ia berada satu peringkat di bawah Angel Merkel, dengan persentase mencapai 53 persen.

Sementara itu, posisi tiga besar pemimpin terpopuler di seluruh dunia diduduki oleh Jokowi di peringkat paling atas (71 persen), disusul Vladimir Putin (64 pesen) di posisi kedua dan Narendra Modi (63 persen) di posisi ketiga.

Menurut keterangan dari GZERO Media, penilaian untuk popularitas Jokowi diperoleh dari para pemilih yang "puas" dan "sangat puas" dengan kinerjanya.

GZERO Media menilai, prestasi Jokowi ini sangat luar biasa karena pemeringkatan tersebut dilakukan saat Jokowi berada di akhir masa jabatannya, jauh setelah "efek bulan madu" politik biasanya memudar.

"Beginilah cara Jokowi, sebagaimana ia dikenal, menghadapi para pemimpin lain yang telah berkuasa selama beberapa tahun," ungkap Gabe Lipton, si penulis artikel.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS