Ketemu Dubes Arab Saudi, Prabowo Tak Bahas Kasus Habib Rizieq

Reza Gunadha | Muhammad Yasir
Ketemu Dubes Arab Saudi, Prabowo Tak Bahas Kasus Habib Rizieq
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

"Semuanya harus bicara hal-hal yang sifatnya global. Itu etikanya," sambungnya.

Suara.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tak membahas secara spesifik isu pencekalan Rizieq Shihab saat bertemu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Prabowo hanya membahas isu pertahanan saat bertemu Esam. Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi dan Hubungan antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil menjelaskan, Prabowo tidak membahas pencekalan Rizieq saat bertemu Dubes Arab Saudi lantaran pertemuan tersebut memang dilakukan guna membahas isu pertahanan.

"Secara spesifik karena tadi temannya tentu pertahanan, kunjungan kehormatan pihak Arab Saudi belum membahas secara khusus terkait dengan itu ( pencekalan Rizieq)," tutur Dahnil.

"Semuanya harus bicara hal-hal yang sifatnya global. Itu etikanya," sambungnya.

Menurut Dahnil, Prabowo sendiri mengaku akan mempelajari lebih dahulu terkait permasalahan pencekalan Rizieq.

Salah satunya, terkait ada atau tidaknya wewenang Prabowo selaku Menhan dalam menyelesaikan persoalan pencekalan Rizieq tersebut.

"Beliau sebagai bagian dari pemerintahan beliau akan pelajari dan pahami apakah ada porsi dari Kemhan. Kalau enggak ada tentu hanya akan jadi pembicaraan informal mungkin. Kan salah satu tugas dari Menhan itu dan tugas negara adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan akan melakukan pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS