Begini Suasana Hari Pertama PSBB Jakarta, Publik: Siapin Kaki dan Dompet

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Begini Suasana Hari Pertama PSBB Jakarta, Publik: Siapin Kaki dan Dompet
Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)

Publik mengeluh layanan ojek online hilang dari aplikasi.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19.

Kebijakan tersebut berlaku selama 14 hari mulai Jumat (10/4/2020) pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk pelaksanaan PSBB mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020.

Anies meminta kepada seluruh warga DKI Jakarta untuk menganggap PSBB ini sebagai tantangan supaya semakin kuat seperti keris.

Mengingat, selama PSBB warga dianjurkan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah, termasuk saat bekerja maupun beribadah.

"Alhamdulillah, bangsa kita selalu bisa lolos. Kita ingat, tidak ada keris yang ditempa sekali. Keris itu ditempa berkali-kali, tapi dia menjadi makin kokoh, dia menjadi makin kuat seperti 14 hari ke depan kita memiliki kesempatan," kata Anies.

Senada dengan hal itu, pada lini masa Twitter, publik pun ramai menuliskan kesan di hari pertama PSBB. Mereka membagikan cuitan atau dokumentasi di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Sebagian besar dari mereka, mengabarkan akibat PSSB jalanan Jakarta menjadi sepi tak seperti biasanya. Seperti unggahan foto pemilik akun @justdodit_.

Foto itu menampilkan ruas jalanan yang sepi dengan tulisan "Sepi kek notif WhatsApp #kotainimausehat".

Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)
Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)

Serupa, akun @syamitaafrh menuliskan, "#PSBB hening. Asli. Sepi bat di luar kek masih tengah malem".

Sementara itu, warganet lainnya justru mengungkap keluhannya karena layanan ojek online yang mendadak hilang dari aplikasi.

Akun @Hariskelana2 membagikan tanggapan pengumuman Gojek atas  hilangnya menu GoRide di aplikasi. Ia lalu berkomentar, "Siapin aja kaki dan isi dompet yan kuat guna menghadapi PSBB".

Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)
Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)

Tak jauh beda, keluhan serupa dituliskan oleh pemilik akun @sipenyembuhluka.

"Anak kos kek gue yang gak punya motor dan masih disuruh kerja gimana? Naik busway gak ada, angkot dikasih batas orang, goride/grabride diapus," tulisnya.

Warganet @flowernonu juga mengatakan, "Gojek udah gak ada Goride? Ini aku udah beneran jalan dari kosan ke kantor 2 km (emoji menangis)".

Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)
Hari pertama PSBB Jakarta. (Twitter)

Pihak Gojek melalui akun Twitter resminya kemudian membalas keluhan yang disampaikan sejumlah warganet.

"...Sehubungan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek pada 10 s/d 23 April 2020, untuk saat ini layanan GoRide dan GoCar (L) tidak dapat digunakan. Namun, kamu masih bisa menggunakan layanan transportasi lainnya yakni GoCar dan GoBluebird," tulis @gojekIndonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS