Ike Muti Minta Maaf, Gubernur Anies Minta Tak Dilanjutkan ke Jalur Hukum

Chandra Iswinarno
Ike Muti Minta Maaf, Gubernur Anies Minta Tak Dilanjutkan ke Jalur Hukum
Postingan Ike Muti. [Instagram/@ikemuti16]

Koreksi tersebut sudah diunggah oleh Ike Muti per tanggal 2 Agustus 2020 atau bertepatan dengan masa tenggat somasi yang ditentukan.

Suara.com - Kasus proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan foto Jokowi oleh artis Ike Muti menemui titik akhirnya. Pemprov DKI tak lagi ingin memperpanjang masalah ini.

Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan Ike Muti telah menyampaikan koreksi melalui akun instagramnya @ikemuti16. Pihaknya telah membaca mengenai klarifikasi dari artis tersebut.

Koreksi tersebut sudah diunggah oleh Ike Muti per tanggal 2 Agustus 2020 atau bertepatan dengan masa tenggat somasi yang ditentukan. Setelah itu, pihaknya sudah membicarakan koreksi Ike bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasilnya, Anies meminta agar kasus ini tak lagi dilanjutkan lebih jauh. Pemprov juga tak akan mengambil tindakan membawanya ke meja hijau atau jalur hukum.

“Setelah adanya pengakuan dan koreksi dari Ike Muti, serta atas arahan dari Gubernur DKI Jakarta, maka kami anggap masalah yang berkaitan dengan unggahan tersebut sudah selesai,” ujar Yayan dalam keterangan tertulis yang dikutip Suara.com, Minggu (2/8/2020).

Yayan juga memberikan apresiasi atas koreksi dan permintaan maaf dari Ike Muti. Yayan berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi dan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk menggunakan akal sehat, bijak dan kritis dalam berkomunikasi dengan menggunakan media sosial.

Yayan menilai pentingnya memiliki ketelitian, obyektivitas dan melakukan verifikasi sebelum menyebarkan informasi agar tidak ada kabar yang menyesatkan beredar di masyarakat.

“Kejadian ini harus dijadikan pelajaran bagi semua,” katanya.

Sebelumnya, Ike Muti buka suara terkait foto unggahannya bersama Jokowi dan kapsionnya yang menjadi viral. Keluhannya dalam kapsion akhirnya membuat Ike Muti disomasi Pemprov DKI itu pun akhirnya dihapus.

Sebagai gantinya, Ike Muti mengunggah foto bendera merah putih dan mengucapkan permohonan maaf. Dalam pernyataannya, menyebutkan bahwa tidak diterima dirinya dalam project webseries adalah info dari agensinya, bukan darinya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS