Profil Jerinx SID, Musisi yang Terseret Kasus Pencemaran Nama Baik

Dany Garjito
Profil Jerinx SID, Musisi yang Terseret Kasus Pencemaran Nama Baik
Jerinx [Suara.com/Oke Atmaja]

Untuk lebih mengenal siapa Jerinx, berikut profil Jerinx SID!

Suara.com - I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan nama Jerinx tak jarang menyuarakan isu-isu lingkungan dan sosial. Kini ia tersandung kasus pencemaran nama baik. Untuk lebih mengenal siapa Jerinx, berikut profil Jerinx SID!

Jerinx SID Resmi Ditahan 6 Tahun Penjara Atas Kasus 'IDI Kacung WHO'

Baru-baru ini nama musisi Jerinx menjadi sorotan media tanah air karena aksi masa yang Ia lakukan viral di media sosial. Aksi pentolan band Superman is Death (SID) ini diawali dengan demo ‘Indonesia tolak rapid’ yang dilakukan beberapa waktu lalu. Jerinx bersama Masyarakat Nusantara Sehat (MANUSIA) turun ke jalan pada Minggu (26/7/20) di Lapangan Renon Bali tanpa menggunakan alat pelindung wajah atau masker.  

Kini, Jerinx telah resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sejak Rabu (12/8/20) lalu. Penetapan Jerinx menjadi tersangka ini dilatarbelakangi oleh unggahan di Instagram pribadinya @jrxsid. Unggahan tersebut diindikasi sebagai sebuah ujaran kebencian karena kalimat berikut ‘Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan RS seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan dites CV19.”

Penangkapan dan penetapan Jerinx sebagai tersangka ini pun menuai pro dan kontra di tengah warganet. Bahkan, para pendukung Jerinx telah membuat petisi online berjudul ‘Bebaskan Jerinx dan Tahan Kacung Penilep Uang Rakyat” yang telah ditandatangi 4.885 warganet.

Penampakan Jerinx SID di ruang tahanan Polda Bali [Istimewa]
Penampakan Jerinx SID di ruang tahanan Polda Bali [Istimewa]

Kendati telah lama berkecimpung di dunia musik tanah air, banyak warganet yang masih penasaran dengan sosok satu ini. Berikut ini profil Jerinx SID lengkap.

  • Drummer Band Superman is Dead
    Pria yang bernama asli I Gede Ari Astina ini lahir di Bali, 10 Februari 1977. Ia merupakan inisiator sekaligus drummer band asal Bali, Superman is Dead (SID). Band beraliran Rock ini dibentuk tahun 1995 dan sampai sekarang telah merilis tujuh buah album. Di album Angels and the Outsiders (2010), Jerinx dan kawan-kawan berhasil diundang ke Warped Tour Festival untuk melaksanakan konser di beberapa kota di Amerika Serikat. Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena SID merupakan satu-satunya band Indonesia dan band kedua di Asia yang pernah tampil di festival tersebut.
  • Aktivis, Pengusaha, dan Brand Ambassador
    Tidak hanya aktif dalam dunia musik, Jerinx juga menaruh perhatiannya pada isu lingkungan hidup dan sosial. Pada tahun 2015 silam, Ia pernah mendatangi Presiden Jokowi untuk berdiskusi terkait kebijakan reklamasi di Tanjung Benoa, Bali. Selain itu, Jerinx juga merupakan seorang pengusaha sukses dan brand ambassador dari beberapa brand streetwear seperti Vans dan Dickies. Di balik aksi sosial dan kesuksesannya tersebut, sosok Jerinx juga tak terlepas dari isu panas yang melibatkan sesama figur publik lain, seperti Via Vallen, Nikita Mirzani, Anang Hermansyah, hingga Susi Pudjiastuti.
  • Suami Model Blasteran Nora Alexandra
    Pada Oktober 2019 lalu, Jerinx menikahi model blasteran Swiss bernama Nora Alexandra Philip. Walaupun memiliki perbedaan usia yang cukup jauh, yakni 18 tahun, keduanya tak jarang menunjukkan kekompakkan mereka melalui akun Instagram masing-masing.

Itu dia profil Jerinx, drummer band SID yang menjadi tersangka dalam dugaan kasus pencemaran nama baik IDI.

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS