Ditemukan 4 Kasus Covid-19 Baru, Selandia Baru akan Perpanjangan Lockdown?

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Ditemukan 4 Kasus Covid-19 Baru, Selandia Baru akan Perpanjangan Lockdown?
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memberikan keterangan resmi dalam jumpa pers harian virus corona. [AFP]

Jacinda Ardern akan umumkan apakah lockdown di Selandia Baru akan diperpanjang atau dilonggarkan.

Suara.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern akan mengumumkan pada hari Jumat (14 Agustus) apakah lockdown di New Zealand akan diperpanjang atau dilonggarkan.

Menyadur The Straits Time, Jumat (14/8/2020), Jacinda Ardern mengisolasi Auckland, rumah bagi sekitar 1,7 juta orang hanya beberapa jam setelah empat kasus Covid-19 baru ditemukan di sebuah keluarga yang tinggal di kota tersebut. Ia juga menerapkan kembali tindakan jarak sosial di seluruh negeri.

Sebanyak 13 kasus lainnya telah dikonfirmasi dan dikaitkan dengan kasus di Auckland, menimbulkan keraguan atas strategi pemberantasan pandemi oleh Ardern saat akan bertarung di pemilu pada bulan depan.

Menteri Kesehatan Chris Hipkins mengatakan bahwa pengujian genom dari strain Covid-19 yang dikontrak oleh keluarga di Auckland menunjukkan bahwa itu berasal dari Inggris atau Australia.

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru & Menyenangkan di New Zealand untuk Liburan 2020

Namun, dia mengatakan bagaimana keluarga Auckland mendapatkannya masih dalam penyelidikan, membantah komentar dari Wakil Perdana Menteri Winston Peters bahwa kasus tersebut berasal dari kurangnya fasilitas karantina.

"Orang-orang berbicara tentang perbatasan, bahkan itu terlalu dini pada saat ini, kami sama sekali tidak memiliki cukup informasi untuk membuat tebakan tentang dari mana asalnya," kata Hipkins kepada 1NEWS.

Beberapa ahli kesehatan lokal terkemuka menyarankan kemungkinan besar virus itu telah menyebar diam-diam di Auckland selama berminggu-minggu.

Oposisi utama, Partai Nasional mengecam pemerintah, dengan mengatakan gagal mengamankan fasilitas karantina dan menuduhnya menyembunyikan informasi tentang wabah terbaru.

Warga Selandia Baru merayakan ketika Jacinda Ardern dapat mengurangi penularan virus corona dengan penguncian ketat sebelumnya yang memaksa hampir semua orang untuk tinggal di rumah.

Baca Juga: Rayakan Tahun Baru di New Zealand, Ini 3 Pilihan Aktivitasnya

Tetapi pendapat terbagi tentang apakah pemimpin berusia 40 tahun itu harus mengulangi strateginya, mengingat biaya ekonomi yang besar dan bukti global yang meningkat bahwa virus Covid-19 tidak dapat ditekan secara permanen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS