Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: 15 Juta Pekerja Terancam Batal Terima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: 15 Juta Pekerja Terancam Batal Terima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu?
Fakta 15 juta pekerja terancam batal dapat subsidi gaji (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi yang menyebut sebanyak 15 juta pekerja terancam batal menerima subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu. Simak fakta selengkapnya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebut sebanyak 15 juta pekerja terancam batal menerima subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Raja Resep.

Akun tersebut mengunggah link portal media Bacaberita.online dengan judul berita 'Terancam Batal, Hampir 15 Juta Pekerja Terancam Batal Terima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu'.

Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 1,4 ribu kali dan dikomentari oleh 1,8 ribu pengguna.

Baca Juga: Cek Rekening Kamu, Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Cair Rp 3,6 Triliun

Benarkah klaim tersebut?

Fakta 15 juta pekerja terancam batal dapat subsidi gaji (Turnbackhoax.id)
Fakta 15 juta pekerja terancam batal dapat subsidi gaji (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (23/9/2020), klaim yang menyebut 15 juta pekerja terancam batal menerima subsidi gaji RP 600 ribu adalah klaim yang keliru.

Faktanya, dalam artikel tersebut tidak ditemukan informasi yang menyebutkan sebanyak 15 juta pekerja terancam batal menerima subsidi gaji.

Dalam artikel tersebut, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, ada sebanyak 1,7 penerima subsidi gaji yang dicoret oleh pemerintah.

Baca Juga: Ratusan Ribu Guru Honorer Diklaim Sudah Dapat Subsidi Gaji Rp 600.000

Pasalnya, mereka tidak masuk dalam kriteria penerima subsidi gaji.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS